Blogger dan Keahlian Nge-BLOG

, , 19 comments
Blogger awalnya bukan sesuatu pekerjaan yang nantinya akan mendapat upah, blogger nggak akan ikutan demo di hari buruh hanya untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Konon, blogger hanya orang yang memiliki niat tulus dan senang dengan rangkaian kalimat yang diberi tanda baca menuliskan nya ke Blog yang ia miliki. Dengan perkembangan zaman, kesenangan itu berubah menjadi lahan rupiah bagi Blogger yang dapat menempatkan diri nya sesuai kebutuhan zaman.

Ketika kecil dulu, yang dilakukan dengan Blog adalah mengetik tulisan, memasukkan gambar serta video, mengganti warna tulisan, memasukkan link aktif, mengganti font tulisan, serta menjadikan kalimat sebagai kutipan tanpa tahu tulisan yang dibuat dapat dikomersilkan. Sekarang, dengan hanya menulis sesuai dengan ketentuan maka blogger menjadi seorang pekerja yang dalam hal ini akan mendapat upah dari tulisan mereka.

                                             
Nilai sebuah tulisan yang mahal dapat dihasilkan dari Blogger yang cermat dan cepat memahami apa yang di inginkan dari si sponsor, Blogger juga membutuhkan perlengkapan saat mengerjakan tulisan. Seperti Laptop, jaringan internet yang speed, serta camera untuk mendukung ke aslian tulisan yang akan di tulis.

Copywriting artinya suatu kegiatan menulis yang digunakan sebagai iklan atau mempromosikan barang, merk, jasa, tokoh serta tulisan yang berisi ide dan pendapat dari seorang Blogger, blogger harus dapat memberikan informasi kepada pembaca tentang hal penting dari objek tertentu dalam tulisan mereka. Semakin mudah dan ringan bahasa yang dipakai makan pembaca akan cepat menerima inti dari tulisan tersebut.
Menjadi copywriting mudah saja, bisa meyakinkan pembaca atau membuat pembaca betah mengunjungi Blog maka sudah bisa dikatakan copywrtiting, copywriting yang baik juga harus memperhatikan dirinya. Saat melakukan pengetikan, sangat dibutuhkan makanan ringan dan hal pendukung lainnya yang bisa menemani si Blogger sampai tulisan nya selesai.

Copywriting terbagi dua, yaitu :

1. Copywriting yang berbayar
Adalah kegiatan menulis produk, jasa, merk atau lokasi tertentu dengan lengkap agar diketahui oleh publik. Bertujuan menyebarkan informasi kepada orang banyak dengan sebuah tulisan yang dapat mengajak pembaca untuk memperoleh atau menggunakan objek yang di promosikan. Biasa nya sistem pembayaran apabila tulisan banyak yang mengunjungi atau berada di page One pencarian Google, atau hanya sekedar menulis objek maka akan di bayar.

2.  Copywriting Relawan
Adalah kegiatan menulis objek yang akan di sebarkan kepada publik tanpa mendapat upah dari suatu perjanjian, blogger seperti ini banyak di jumpai karena hanya dengan mendapat kenikmatan atau kepuasan dari objek tertentu maka ia dengan senang hati akan menceritakan apa yang ia alami kepada orang lain dalam bentuk tulisan, jangan dicari orang nya siapa karena dia dekat dengan kamu ha-ha-ha (sebut saja Cicajoli)

Apapun kamu, blogger yang naik kelas menjadi copywriting atau hanya blogger yang suka nulis tanpa upah. Enjoy Different! karena setiap blogger memiliki rezeki tersendiri, bisa jadi suatu hari nanti kamu menjadi novelis atau sukses di karya ilmiah karena tulisan kamu, siapa yang tahu kan? Keep Calm and Happy Blogging :))

©Pekanbaru, 14 Januari 2015 @Cicajoli 

19 comments:

  1. saya nulis apa aja,dibayar alhamdulillah hehehe
    happy blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kita sama Mba. Happy Blogging kembali :D

      Delete
  2. Assalamu alaikum.
    Kalau saya dulu ngeblog didasari rasa ingin berbagi dan rasa ingin mendapat pengakuan bahwa saya ini bisa, bahwa saya masih tetap ingin belajar dari bedak bayi hingga senjata nuklir... hehe.. walau hanya kulitnya saja,torang musti tahu noch.

    Semoga yang diawali niat baik akan menghasilkan baik. Amin.
    Salam blogger.
    Wss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam.
      Amin, semoga ya Mas. Niat baik pasti ridho kok, semangat- salam Blogger kembali.

      Delete
  3. Jadi, apa maksud dari keseluruhan tulisan ini?

    ReplyDelete
  4. Saya berawal dari relawan dan alhamdulillah dibayar.

    ReplyDelete
  5. Nggak ada yang bayar saya menulis jadi saya nulis sebagai hobi saja.
    @rin_mizsipoel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, semoga ada yang bayar. Nantinya hihihi

      Delete
    2. Passion nge-blog tetap hal yg utama :) salam @RuriOnline

      Delete
    3. Saluuuut :) Salam kembali dari @Cicajoli

      Delete
  6. Kalau saya saat ini memang menekuni ngeblog selain dari hobi juga ingin memanfaatkannya sebagai salah satu penghasilan utama saya :) Salam @S_AdiFirmansyah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah penghasilan utama, berarti profesi dong yaa. Oke ttp semangat :)

      Delete
  7. saya masih lebih suka jadi copywriter relawan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seriusan? kalau ada yang bayarin gimana hayoo... :v

      Delete
  8. kalo saya niat awalnya cuma pengen nulis
    seiring perjalanan alhamdulillah kadang2 dapet rejeki

    ReplyDelete
  9. Iya nih mbak. Keep calm aja, tau-tau ada yang suka sama tulisannya. :D

    ReplyDelete
  10. sampai saat ini, belum bisa menjadi blogger yang "dibayar". masih tetap relawan, mudah-mudahan suatu saat saya bisa menjadi blogger yang di "bayar".

    Terima kasih pencerahanya Aisyah. :-)

    ReplyDelete

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.