Gali Potensi Inovatif dari Seorang Jurnalis

, , No Comments
Siapa bilang kalau Blogger ga punya potensi? GAK ADA! Gue aja yang memande-mande haha-haha. 3 hari yang lalu gue mengikuti Seminar Jurnalistik yang ditaja oleh LPM Tabloid SAKSI, dalam seminar ini gue di nobatkan sebagai Moderator. Horeeew prok-prok! Nah gue akan share bagaimana cara menciptakan Kreativitas versi Slide salah satu narasumber yaitu Bpk. Fakhrur Rodzi, ini dia mari di baca dan pahami :
  1. Capturing, jangann biarkan ide lewat mondar mandir begitu saja di depan kamu, kamu harus catet setiap ide yang terlintas di benak kamu.
  2. Surrounding, lingkungan di sekitar kamu adalah lahan tempat berkumpulnya ide-ide kreatif. Disini kamu hanya diminta untuk kritis dengan situasi dan kondisi.
  3. Challenging, bersikap lebih keras pada diri sendiri, terkadang harus kamu lakukan untuk melecutkan ide dan kreativitas yang menyumpal otak.
  4. Broadening, seseorang yang kreatif pastinya memiliki wawasan luas. Karena itu jangan pernah bosan untuk terus mempelajari hal-hal baru mungkin sama sekali tidak bersentuhan dengan dunia kamu plus banyak baca buku.
Good Looking on my Show
Moderator adalah pekerjaan yang mulia karena pekerjaan ini bermanfaat untuk menghubungkan narasumber yang satu dengan narasumber yang lain, kalau narasumber cuma satu berarti CUCOK dong haha apaan sih.
Sebagai moderator kamu harus bisa menjalankan acara dengan baik dan lancar, ketika narasumber memberikan materi maka di kondisikan ruangan harus hening dan serius memperhatikan, nah setelah memberikan materi biasanya ada sesi tanya jawab. Disaat sesi tanya jawab yang sering disebut diskusi ini, seorang Moderator di minta untuk bisa memilih beberapa penanya yang beribu hingga berjuta yang mengangkat tangan.
Foto keren bersama narasumber handal
Manfaat ganda dari seorang Moderator adalah mendapatkan suara atau materi lebih awal, moderator di tuntut untuk paham dan mengerti apa yang narasumber berikan, Moderator juga harus cepat saat mencatat pertanyaan yang diberikan oleh penanya dan setelah itu di sampaikan ke narasumber untuk mendapatkan jawaban atau untuk di respon.

Jadilah Moderator yang mau belajar agar menjadi moderator yang profesional, mana tahu di ajak dalam acara yang lebih seru dan keren..hihihi

Sebagai moderator, gue dapatkan satu kalimat yang manarik yaitu "Seorang jurnalis memang harus memiliki kemampuan ganda, artinya bukan hanya pandai menulis berita saja, tapi juga memiliki keberanian dan kompetensi untuk menyampaikan informasi dengan benar di semua media" Gue dapat dari narasumber yang kedua Bpk. Fakhrur Rodzi.

Kalimat kedua dari narasumber yang pertama, dalam slidenya beliau berkata "Jadilah wartawan beneran, karena wartawan beneran itu adalah wrtawan yang tidak boleh nobyek sana-sini, punya pengetahuan, pengalaman dan keterampilan jurnalistik, menaati prinsip-prinsip kerja jurnalistik dan kode etik." 

Dan kesimpulannya menjadi seorang wartawan beneran itu adalah kamu akan sering diajak jalan-jalan dengan gratis karena tujuan nya mencari berita..he-he-he ASIIK!

©Pekanbaru, 19 Desember 2014 @Cicajoli 

0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.