Kabupaten Kampar : Negeri Serambi Mekah

, , No Comments
Logo Kampar
Kampar memiliki kehidupan masyarakat yang Agamis, dikenal sebagai daerah sentra perkebunan kelapa sawit di Riau. Peninggalan kerajaan Sriwijaya telah mewarnai perjalanan daerah ini sehingga Kampar menjadi salah satu daerah tujuan wisata utama di Riau.






Tempat- tempat menarik untuk dikunjungi :
  1. Candi Muara Takus, terletak di desa muara takus, kecamatan XIII koto kampar . Candi muara takus merupakan candi Budha dibangun pada abad ke IV.
  2. Islamic Centre, terletak ditengah kota bangkinang, dengan arsitektur bangunan islam yang megah dan menara besar yang tinggi. Bagi pendatang yang ke mesjid ini di wajibkan untuk menggunakan hijab dan berpakaian sopan.
  3. Mesjid Jamik, berada di air tiris. Dibangun tahun 1901 memiliki keunikan, pada puncak atapnya terdapat tingkatan menara yang cukup tinggi dan bahan bangunan nya terbuat dari kayu tanpa menggunakan paku besi dan terdapat sebuah sumur yang didalam nya terendam batu besar yang mirip kepala kerbau. Konon, batu tersebut selalu berpindah tempat tanpa ada yang memindahkan nya.
  4. Makam Syech Burhanuddin, berlokasi di kecamatan kampar kiri- kampar. Syech ini adalah penyebar agama islam, makam nya terletak di kuntu lipat kain.
  5. Makam Syech Abdul Ghani, penyebar agama islam dan pelopor sekolah isalam yang dikenal sebagai Pondok Pesantren Darussalam. Makam ini berlokasi di kota Tengah Desa Batu Barat, wilayah PLTA Koto Panjang.
  6. Taman Rekreasi Stanum, merupakan sebuah tempat rekreasi di Bangkinang. Perbukitan yang berhawa sejuk dengan pepohonan yang rindang, dilengkai dengan berbagai fasilitas, seperti tempat kolam renang, motel, restoran, bioskop dll.
  7. Air Terjun Merangin, terletak di desa merangin, bangkinang barat, memiliki keindahan alam berupa air terjun dan kawasan hutan yang masih asli.
  8. Kebun Binatang Kasang Kulim, terletak di desa Sialang Kubang, Siak Hulu . Membutuhkan kira-kira 20 menit perjalanan dari Pekanbaru.
  9. Air Terjun Alahan, sungai kampar yang memiliki banyak jeram dengan air terjun yang sangat indah serta menarik untuk di arungi dengan menggunakan perahu khusus.
  10. Alam Muara Mentawai memiliki panorama alam yang sangat unik dan menarik, menjadi habitat bagi berbagai jenis burung serta keindahan flora yang ada.
  11. Kawasan Kuala, keindahan alam yang sangat menarik dan menakjubkan, ditunjang oleh landscape yang masih alami dan atraktif.
  12. Kawasan Bangkinang Kuok berada di desa Siabu, bangkinang barat. Memiliki panorama alam kawasan hutan yang masih asli dengan flora yang sangat khas.
  13. Bangkinang Siabu Area memiliki daya tarik alam indah, juga dijadikan pusat peternakan lebah yang menghasilkan madu berkualitas tinggi.
  14. Taman Rekreasi Bukit Cadika, sering digunakan sebagai tempat camping (bumi perkemahan) dan palyground. Kawasan ini terletak ditengah kota Bangkinang.
  15. PLTA Koto Panjang berlokasi di desa Merangin, bangkinang barat- kampar. ±88 km dari kota Pekanbaru. Luas area PLTA Koto Panjang sekitar 12.900 Ha.
  16. Desa Wisata Buluh Cina terletak 25 km dari pusat kota Pekanbaru, adalah desa adat yang masih kukuh memegang tradisi melayu. Desa ini juga memiliki hutn tropis yang masih asli seluas 1000 hektar bernama hutan wisata Rimbo Tujuh Danau.
  17. Hutan Wisata Rimbo Terantang berada di desa padang lawas, memiliki keindahan alam yang masih asli dengan flora yang sangat khas. Huta wisata ini berfungsi sebagai tempat penelitian, terutama fenomena alam flora dan fauna.
  18. Museum Kandil Kemilau Emas berlokasi di pulau Belimbing, Kec. Bangkinang, Kampar. Museum ini adalah sebuah rumah berbentuk rumah adat Lima Koto Kampar yang dibangun sekitar tahun 1900 oleh Alm. Haji Hamid.
  19. Pemandian Alam Petapahan terletak di desa Petapahan, Kec. Tapung. Merupakan tempat pemandian dengan sumber mata air berasal dari Alam.
  20. Rumah Asli Lontiok terletak di Desa Sipungguk, Kec. Bangkinang barat yang berusia lebih dari 100 tahun, arsitekturnya mencerminkan budaya masyarakat Melayu Darat dengan perpaduan budaya islam yang kental. Details -> Rumah Lontiok
  21. Taman Rekreasi Sekijang ini dikembankan dari sejarah yang dimiliki oleh tempat ini, yaitu sebagai persembunyian sepasang pengantin yang melakukan kawin lari. Lokasi wisata ini berada di desa Sekijang, Kecamatan Tapung Hilir.
Info wisata kuliner, Kampar :
Wisata kuliner sangat beraneka ragam di kota Bangkingan, mulai dari makanan yang berprotein ringan hingga protein berat sekalipun. Kuliner yang sangat lezat akan kamu dapatkan di sekitaran kota Bangkinang.

Bagaimana ke Kampar?
Dari kota Pekanbaru, untuk dapat menuju ke Bangkinang- ibukota Kabupaten Kampar. Dapat menggunakan jalur darat (Bus, Mobil Rental dan Travel Agent) dengan jarak tempuh ±1 jam, dimana sepanjang perjalanan kamu akan menikmati pemandangan alam yang seru dan menarik.

Transportasi lokal : Oplet, Becak dan Ojek.

So, Selamat Liburan! #WonderfulIndonesia. Penulis sudah pernah ke Kabupaten Kampar tepatnya Bangkinang, tetapi belum semua tempat wisata menarik yang penulis kunjungi. Berharap ada yang ngajak dan bisa ceritain apa aja yang gokil di tempat wisata itu, masih ada 8 kabupaten/kota yang akan penulis post di Blog ini. Selalu pantau yaa :)

SourceRiau Tourism Board Brosur.


0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.