Kabupaten Indragiri Hulu : Negeri Bersejarah

, , 3 comments
Brosur
Indragiri Hulu merupakan salah satu daerah yang kaya akan potensi, antara lain sumber daya minyak dan gas bumi serta keanekaragaman alam hayati juga kehidupan sosial budaya masyarakat yang unik. Rengat sebagai ibu kota kabupaten Indragiri Hulu, memberikan pesona yang membuat pengunjung kagum dengan keindahan yang dimiliki kabupaten ini.



Tempat-tempat menarik untuk dikunjungi :
  1. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) memiliki luas 144.223 Ha, dengan ekosistem hutan hujan tropika dataran rendah (lowland tropical rain forest), kawasan ini merupakan peralihan antara hutan rawa dan hutan pegunungan dengan ekosistem yang unik dan berbeda dibandingkan dengan kawasan taman nasional lainnya yang ada di Indonesia. Merupakan hamparan perbukitan yang terpisah dari rangkaian pegunungan bukit barisan terletak di perbatasan provinsi Jambi dan Riau, daerah ini merupakan daerah tangkapan air (catchment area) sehingga membentuk sungai-sungai kecil dan merupakan hulu dari sungai-sungai besar di daerah sekitarnya. Beberapa jenis fauna yang dapat dijumpai  di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) antara lain : harimau sumatra, beruang madu, tapir, siamang, kancil, babi hutan, burung rangkong, kuaw, dan berbagai jenis satwa lainnya. Sedangkan jenis flora langka yang di duga endemik di kawasan tersebut adalah candawan muka rimau (Rafflesia heseltii). Selain merupakan habitat dari berbagai jenis flora dan fauna langka dan dilindungi, kawasan (TNBT) juga merupakan tempat hidup dan bermukim beberapa komunitas suku terasing seperti Talang Mamak, Anak Rimba dan Melayu Tua, yang menjadikan kawasan ini menarik untuk dijelajahi. 
    Akses : Aksesbilitas sangat baik dari kota Rengat dapat ditempuh selama 1.45 jam perjalanan atau ±85 km, dilewati trayek angkutan umum.
  2. Suku Talang Mamak, adalah satu-satunya suku pedalaman yang masih hidup dan berkembang di pedalaman kecamatan Siberia dan Pasir Penyu dengan populasi yang relatif kecil. Mereka hidup dengan memanfaatkan hasil hutan, menangkap ikan dsb. Disamping itu mereka juga sangat berpegang teguh pada kepercayaan dan kebudayaan nya.
  3. Danau Menduyan, keindahan panorama alamnya dapat dinikmati.
  4. Air Terjun, terdapat di beberapa kecamatan : Air terjun Sungai Arang di Desa Arang, Air terjun Pontianai di Desa Pontianai, Air terjun Pejangki di Desa Pejangki, Air terjun Nunusan di Desa Sanglep, Air terjun Siamang, Buyung, Pintu Tujuh dan Tembulun di Desa Rantau Langsat, Air terjun Bukit Lancang di Desa Tualang Lakat.
  5. Danau Raja, digunakan sebagai pusat kesenian melayu Indragiri dan pusat hiburan rakyat dengan kegiatan tahunan seperti pemilihan raja dan ratu Indragiri. Kemudian juga merupkan tempat kegiatan olahraga tradisional seperti pacu sampan.
  6. Taman Putri Junjung Buih, terletah di rengat. Ditaman ini pengunjung dapat bersantai menikmati panorama alam yang indah, sedangkan anak-anak dapat bermain sepuasnya ditaman yang tertata rapi, bersih, dan asri.
  7. Situs Cagar Budaya, di Indragiri Hulu ini merupakan kompleks makam raja-raja yang terdapat dibeberapa lokasi, antara lain : Makam keturunan raja Indragiri/ Mohom Saleh di Tambak, makam raja Indragiri/ Narasinga II di Desa Koto Lama, makam raja Japura dan makam Datuk Bendahara Idah Hitam di Desa Japura, makam raja Muda di Peranap.
  8. Istana Kerajaan Indragiri, terletak dipinggir Danau Raja, merupakan bangunan yang didiami oleh Sultan Kerajaan Indragiri dan keluarganya. Kerajaan ini mempunyai arsitektur yang khas dan unik menggambarkan keberadaan kerajaan Indragiri pada masa lalu, dibangun pada tahun 2005 untuk menunjang kegiatan wisata di danau Raja. 
    Akses : berada di pinggir kota Rengat sebelah barat, aksesbilitas sangat baik, lokasi termasuk di dalam kawasan wisata danau Raja.
  9. Rumah Tinggi/Museum, merupakan salah satu peninggalan kerajaan Indragiri di Rengat. Bangunan dengan arsitektur adat melayu dan salah satu bangunan tertua yang terdapat di kota Rengat. Dahulunya bangunan ini berfungsi sebagai tempat pusat kerajinan makanan khas daerah, objek wisata ini dilengkapi koleksi benda-benda sejarah dan pusat informasi selayaknya suatu museum. Namu keunikan bangunan memberikan nilai tersendiri. Akses : berada di kota Rengat, berdampingan dengan Masjid Raya/Makam Sultan.

Peta Indragiri Hulu
Bagaimana ke Rengat?
Dari kota Pekanbaru, ntuk dapat menuju ke Rengat, ibukota Indragiri Hulu, kamu dapat menggunakan jalur darat (bus, mobil rental, dan travel agent)dengan jarak tempuh ±3.5 jam, dimana sepanjang perjalanan kamu dapat menikmati pemandangan alam yang menarik.


Transportasi lokal : Becak dan Ojek

Informasi cenderamata Indragiri Hulu :
  • Minuman Roma Jahe – Jl. Raya Rengat, Tembilahan
  • Kerajinan Tenun – Jl. Kerajinan, Rengat
  • Kerajinan Rotan berupa kursi tamu, kursi santai, kursi malas, asbak, tempat koran, keranjang parsel, penyekat ruangan, ayunan bayi, dan mainan anak-anak. Di Jl. Lintas Timur Desa Talang Jerinjing, Kec. Rengat Barat.
  • Kerajinan dan perabot kayu berupa kursi tamu, kursi malas, meja makan dll. Di Jl. Sudirman Kembang Harum Air Molek, Kec. Pasir Penyu
  • Kerajinan Bambu Macan berupa kursi tamu, kursi santai, kursi malas, asbak, tempat koran, pot bunga, lampu dinding dll. Desa Rantau Langsat Bukit Tiga Puluh.
  • Kepirik pisang batu, rasa asin, manis, keripik pisang tanduk, salai pisang, dll. Berada di kampung besar seberang, Rengat.
  • Keripik ayam bawang, kue bawang putri bungsu berada di kampung besar seberang, Rengat
  • Kue Lanting beserta aneka dodol yaitu dodol kedondong, dodol sirsak, dodol nangka, dodol jambu kletok, dodol jagung, dan dodol tapai yang bisa ditemukan di kota Rengat.
So, Selamat Liburan! #WonderfulIndonesia. Penulis belum pernah ke Kabupaten Indragiri Hulu, berharap ada yang ngajak dan bisa ceritain apa aja yang gokil di kota itu, masih ada 9 kabupaten/kota yang akan penulis post di Blog ini. Selalu pantau yaa :)

SourceRiau Tourism Board Brosur.

3 comments:

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.