Kabupaten Indragiri Hilir : Bumi Sri Gemilang

, , 1 comment
Brosur
Indragiri Hilir dikenal dengan sebutan Bumi Sri Gemilang merupakan gerbang masuk ke provinsi Riau bagian selatan, daerah ini selalu dinamis dengan kegiatan perniagaan dan perkebunan nya. Kota Tembilahan adalah ibu kota dari kabupaten Indragiri Hilir ini.






Tempat – tempat menarik untuk dikunjungi :
  1. Mesjid Al-Huda, berlokasi di pusat kota Tembilahan, bangunan mesjid yang ber-arsitek Melayu dan Islami ini merupakan kebanggaan masyarakat kota Tembilahan.
  2. Pantai Solop Pulau Cawan, keunikan nya adalah terdapat kawasan rawa/lumpur berpasir putih dari kulit kerang-kerangan yang dibawa ombak kedaratan pantai, disini juga dapat menikmati pemandangan matahari terbenam di waktu sore.
  3. Bukit Berbunga, terletak di selatan desa batu Ampar, kecamatan Kemuning, dengan jarak ±4 km dari desa Selensen (ibukota kecamatan kemuning), dan dapat ditempuh melalui jalan setapak yang berbukit-bukit dan melintasi dua buah sungai kecil. Disepanjang tebing bukit berbunga  tumbuh berbagai jenis macam bunga yang menyelimuti bukit dengan aneka warna-warni menaburkan aroma sepanjang tahun.
  4. Menongkah Kerang, merupakan atraksi budaya suku laut, adalah pemandangan menakjubkan melihat mereka beramai-ramai dengan lincahnya menggunakan sepotong papan meluncur di permukaan lumpur sambil mengumpulkan kerang segar yang sebagian untuk dimakan dan sebagian di jual ke pasar. Sebagian masyarakat nelayan, tradisi ini merupakan mata pencaharian mereka dan sudah dilakukan sejak berabad-abad yang lalu. Selain itu, Concong luar terkenal dan selalu dikunjungi masyarakat Tionghoa dari singapore dan Malaysia sebagai tempat kegiatan Cap Go Meh yang selalu padat dan ramai setiap perayaan Imlek (tahun baru Cina).
  5. Pulau Burung Agro Wisata, dikenal dengan sebutan pulai berkanal, dimana pada kawasan pulau ini terdapat beberapa kanal yang cukup nenantang bagi pengunjung untuk menelusuri naka-kanal yang lebarnya ± 3 meter. Kanal-kanal tersebut membuat petakan-petakan perkebunan kelapa hybrida, kelapa lokal, kelapa sawit, perkebunan nenas dan kebun bunga serta kawasan tambak udang dan ikan.
  6. Kawasan Pekan Arba, berdekatan dengan kota Tembilahan. Kawasan ini terdapat di pinggir sungai batang sebatu yang dari tahun ke tahun mengalami pendangkalan dan mengakibatkan hubungan/transportasi antara pekan arba dengan desa seberangnya menjadi sulit. Oleh karena sulitnya hubungan ini, maka masyarakat berusaha mengatasinya dengan membuat perahu/sampan yang berbentuk leper atau rata dibagian bawahnya dan dapat berjalan serta meluncur di pantai lumpur maupun diatas air, sehingga sampai sekarang dijadikan sebagai alat transportasi di kawasan ini. Kegiatan ini akhirnya dimanfaatkan menjadi atraksi wisata yang setiap tahun nya diperlombakan.
  7. Danau Taga Raja Guntung, luasnya sekitar 100Ha, menurut cerita dulunya dikenal dengan sebutan kolam raja, dimana kolam ini merupakan tempat pemandian dan sumber air bersih bagi kerajaan Kateman. Jarak danau cukup dekat dari kota Guntung yaitu sekitar 4 km dan telah banyak dikunjungi sebagai tempat rekreasi dan wisata alam.
  8. Komplek Makam Tuan Guru Syech Abdurrachman Siddiq, berlokasi di hidayat sapan, kecamatan Kuala Indragiri. Merupakan seorang guru Agama Islam (Mufti Kerajaan Indragiri) yang cukup tersohor dan banyak memiliki murid yang berasal dari Negeri Malaysia, Singapore dan daerah Kalimantan, Jambi, Palembang dsb.

Bagaimana ke Tembilahan?

Dari kota Pekanbaru, untuk dapat ke Tembilahan menggunakan jalur darat (Bus, Mobil rental, travel agent dll) dengan jarak tempuh ±6 jam, disepanjang perjalanan kamu dapat menikmati pemandangan alam yang menarik.

Transportasi lokal : Becak dan Ojek

Peta Indragiri Hilir
Info cenderamata Indragiri Hilir :
Oleh-oleh/cenderamata dari kota Tembilahan memang cukup banyak, dari cemilan yang lezat hingga souvenir cantik dan unik. Agar tidak bingung, berikut rekomendasi tempat yang menjual nya...
  • DEKRANASDA Kab. Indragiri Hilir – Jl. M. Boya, Tembilahan ( menjual beranekaragam cenderamata khas yang cantik-cantik dan unik seperti batik khas Inhil, songket, aneka kerajinan dari pandan dll.
  • Dodol Ketan Jumantan – Jl. H.Abd. Manaf – Lorong merpati no. 20 Tembilahan.
  • Amplang Udang Cik Miss – Jl. Mandala Gg. Mandala Murni II Tembilahan.
  • Keripik Pisang, Keripik Tempe, Keripik Bawang, Kacang Asam, dan
  • Terasi Udang (udang kering ebi, ikan asin bulu ayam ikan asin belukang, ikan asin lome belah) – Jl. Bunga No. 12 Tembilahan.
So, Selamat Liburan! #WonderfulIndonesia. Penulis belum pernah ke Kabupaten Indragiri Hilir, berharap ada yang ngajak dan bisa ceritain apa aja yang gokil di kota itu, masih ada 10 kabupaten/kota yang akan penulis post di Blog ini. Selalu pantau yaa :)

SourceRiau Tourism Board Brosur.

1 comment:

  1. salam hangat dari kami ijin menyimak gan, dari kami pengrajin jaket kulit

    ReplyDelete

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.