Kabupaten Bengkalis : Negeri Junjungan

, , 2 comments
Brosur
Bengkalis merupakan salah satu pusat dari sebuah industri minyak terbesar di Indonesia, memiliki posisi geografis yang strategis, behadapan langsung dengan selat Melaka, yang merupakan salah satu alur lalu lintas perdagangan terpadat di dunia.

Tempat-tempat menarik untuk di kunjungi :
  1. Mesjid Istiqomah, design bangunan nya dibuat khusus dengan memadukan bentuk mesjid-mesjid yang berada di timur tengah dengan budaya melayu riu sendiri, sehingga tampaklah mesjid ini menjadi indh dan megah.
  2. Pantai Rupat, pantai yang amat indah dan landai. Pasirnya yang putih dan halus. Memiliki panjang mencapai 13 km dan lebar 20-30 meter berhadapan langsung dengan selat Melaka, yang merupakan salah satu selat terpadat di dunia yang dilalui banyak kapal.
  3. Pusat Pelatihan Gajah, berlokasi di Sebanga- Duri, Kecamatan Mandau (Tidak bengkalis). Tempat ini tidak menjadi bengkalis lagi karena Duri sudah kotamadya.
  4. Pantai Selat Baru, pantai yang cukup luas dengan pemandangan alam yang indah ke laut lepas. Berenang dan berjemur sepanjang hari merupakan keasyikan tersendiri di pantai ini.
  5. Taman Andam Dewi, terletak di tepi laut dan di jantung kota Bengkalis dengan aneka jenis bunga taman memberi ketenangan tersendiri.
  6. Bukit Batu, bekas tapak kaki manusia. Berlokasi di sungai pakning, bukit batu terkenal karena lancang kuning dan legenda datuk laksemana raja di laut, disini terdapat bekas tapak kaki manusia di atas batu dengan ukuran luar biasa besarnya, dan dilengkapi dengan keindahan alam yang sangat menarik sebagai objek wisata budaya peninggalan sejarah dan wisata alam.
  7. Balai Adat Melayu Bengkalis, melambangkan tempat mufakat para tokoh adat dan masyarakat dan juga sebagai tempat melahirkan filsafat alam fikiran khas masyarakat Bengkalis.
  8. Taman Prapat, di kampung meskom, 30 menit dari kota Bengkalis dengan menggunakan jalan darat. Kita juga dapat melihat rumah-rumah nelayan yang disebut dengan “Togok” yang digunakan nelayan untuk membuat ikan asin.
  9. Hutan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil- Bukit Batu, terletak di pesisir timur pulau Sumatra, tempat ini merupakan sebuah kawasan yang memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dengan luas 705.270 hektar, keberadaan cagar biosfer GSK-BB telah ditetapkan sebagai satu dari 553 cagar biosfer yang terbesar di 124 negara oleh UNESCO dan tergabung dalam “UNESCO’s World Network of Biosphere Reserves (WNBR)” dan berpotensi untuk dikembangkan sebagai Desa Wisata.
  10. Rumah Kapitan, kapitan cina merupakan sebutan bagi pemimpin Tionghoa yang diangkat oleh Pemerintah Kolonial Belanda yang bertugas mengatur jalan nya komunitas warga Tionghoa agar tetap berada dalam cengkraman pemerintah kolonial. Sebagai balas jasa, pemerintah kolonial memberikan hak terbatas kepada mereka dan keluarga mereka.
  11. Sarang Burung Walet, terbuat dari air liur burung walet yang mengeras, dan berfungsi sebagai makanan lezat penambah stamina yang terkenal di Asia tenggara, dan juga di cina dan Hongkong. Bisnis walet ini merupakan bisnis besar di Bengkalis, Bagansiapi-api, Dumai, Selatpanjang dan bahkan di Pulau Sumatra.
Peta Kab. Bengkalis

Bagaimana ke Bengkalis?
Dari kota Pekanbaru, untuk dapat menuju ke Bengkalis, kamu melakukan dengan perjalanan darat ± 5 jam melalui sungai Pakning dan menyebrang dengan kapal Roro atau melalui perjalanan laut (menggunakan speedboat) jarak tempuh ±3 jam, pilihan tergantung pada kamu. Yang jelas jalur ini memberikan kenikmatan berupa pemandangan alam yang menarik...

Info Cenderamata Bengkalis :
Puas keliling-keliling kota Bengkalis, puln tidak akn lengkap tampa membawa buah tangan. Di Bengkalis banyak sekali aneka buah tangan yang dapat pengunjung bawa pulan dan dapat diberikan kepada sanak saudara dan teman-teman. Buah tangan paling khas dari Bengkalis adalah lempuk Durian asli Bengkalis, selain itu ada Belacan (terasi) yang sangat lezat, kerupuk ikan dan udang.

Kain songket melayu dapat pula kamu bawa sebagai cenderamata yang ekslusif atau aneka tas, sepatu, taplak meja, aksesoris murah tangga berbahan dasar songket, jilbab dan baju melayu berbordir juga tersedia. Jadi tinggal pilih saja sesuai selera dan kocek kamu hihihi...
Semua nya dapat diperoleh :
  • DEKRANASDA Kab. Bengkalis – Jl. Arief Rahman No. 3 Bengkalis
  • Lempuk Durian Asli ‘YANTI’ – Jl. Soekarno-Hatta, Selat Baru. Bengkalis
  • Bubuk Belacan – Jl. Perapat Tunggal, Desa Meskom. Bengkalis
So, Selamat Liburan! #WonderfulIndonesia. Penulis belum pernah ke kabupaten Bengkalis, berharap ada yang ngajak dan bisa ceritain apa aja yang gokil di kota itu, masih ada 11 kabupaten/kota yang akan penulis post di Blog ini. Selalu pantau yaa :)

Source: Riau Tourism Board Brosur.

2 comments:

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.