10 menit bersama Asril.AF

, , No Comments
Lelaki kelahiran Pekanbaru, 17 juli 1963 ini mengakui bahwa kecintaan nya terhadap seni udah dirasakan sejak tahun 1974 yaitu saat beliau duduk dikelas 4 SD. Seni lukis sudah menjadi jiwanya saya, ungkap lelaki yang saya temui pagi ini di Taman Budaya Riau.

Siapa dia?

Nama : Asril. AF
Pengalaman pameran : Aktif berpameran di Indonesia

Wawancara ekslusif bersama beliau sangat banyak manfaat dan ilmu yang saya dapat, mari dengar wawancara yang saya tulis ulang di Blog ini. Cekidot
cicajoli
Pemulung
cicajoli
Hamdallah | Oil on canvas, 90x85 cm | 2012
Konsep Karya :
Alam yang indah merupakan sumber kehidupan bagi manusia serta memberikan penghidupan dan mata pencaharian yang tak ternilai. Maka dari itu sudah sepantasnyalah kita menjaga, melindungi, dan melestarikannya, sehingga bisa dinikmati oleh anak cucu kita nanti.
Alam penuh dengan misteri yang membawa kedamaian, ketentraman dan kesejukan bathin. Alam yang terbentang luas dapat dijadikan sebagai inspirasi dan merupakan bukti keagunagn Allah yang Maha Pencipta, oleh karena itu kita harus mensyukurinya. Alam merupakann lahan bagi manusia untuk memenuhi kehidupannya.
  • Apa dasar pemikiran mengambil tema pemulung dan ayat suci?

Pemulung: Karena di Riau masih banyak yang miskin , pemerintah harus memperhatikan rakyat miskin. Bentuk kritik ke pemerintah agar rakyat miskin lebih diperhatikan.
Ayat suci: Saya tergerak untuk lebih dekat dengan Allah, apalagi mau memasuki bulan Ramadhan. Mendekat kan diri dengan Allah. Terinspirasi juga dari pelukis kaligrafi seperti Indra Buana, dan ini juga berhubungan dengan lukisan pemulung tadi. Bahwa hamdallah yang memiliki arti :” Segala puji bagi Allah tuhan semesta Alam, nah dalam pemulung ini lebih menyatu dengan alam nya”.

  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam pengerjaan lukisan pemulung dan ayat suci ini?

Pemulung : selama hampir 3 minggu ( memakai teknik ekspresi dekoratif)
Ayat suci: selama 5 hari, gaya nya beda ( memakai teknik natural dekoratif)

  • Ada kesulitan dalam melukis?

Tidak ada kesulitas dalam melukis, karena melukis dari hati dan keyakinan- kalau kita yakin pasti akan jadi ,maka jangan setengah-setengah, kalau setengah-setengah nggak usah dilakukan.
Kalau merasa jenuh maka berhenti dulu dan cari kerjaan lain, jadi jangan ada paksaan.

Beliau juga bercerita tentang sejarah lahirnya bakat melukis dalam diri beliau, sudah mendarah daging seni dalam diri saya, satu hari tak melukis saya bakalan pening dan sakit, cerita beliau.
  • Harapan kepada penerus dunia lukis-melukis?

Penerus lebih menyadari tentang lukisan, bukan hanya karena ada lomba baru buru-buru untuk les melukis atau ikut sanggar. Tetapi diharapkan kepada penerus agar lebih yakin untuk melukis... 

cicajoli
Bpk. Asril.AF and Cica
Dapat penulis simpulkan bahwa seni itu mahal, apapun barang yang ada- barang kuno ataupun barang yang sudah tidak terpakai, kalau anda memiliki jiwa seni maka akan terciptalah barang-barang yang baru dan bernilai tinggi. Junjung tinggi kreatifitas anak bangsa, sekian JSeorang yang kreatif akan lebih hemat dan mandiri!


0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.