Belajar Mengemudi - Parkir Maju

, , No Comments
                   Parkir maju ada dua jenis, yaitu parkir maju lurus dan parkir maju serong.
penampakan seperti ini

Saya akan menjelaskan tentang dua jenis parkir diatas, parkir maju lurus berbeda dengan parkir maju serong. Parkir maju lurus mudah saja karena hanya meluruskan posisi mobil ditempat parkir, dan biasanya parkir maju lurus ini ditemukan di lapangan yang luas seperti di Lotte Mart daerah Soekarno Hatta, Pekanbaru.
Sedangkan parkir maju serong agak sulit kalau belum mengetahui rumusnya, yang harus dilakukan saat parkir maju serong adalah -> melebarkan posisi mobil terlebih dahulu, setelah kaca spion keluar dari belakang mobil yang terparkir maka mulailah memutar stir hingga mobil mendekati mobil yang disebelah. Setelah dirasa sudah dekat maka kembalikan putaran stir kesemula dan majukan mobil hingga sesuai dengan batas. Antara pintu kiri dan kanan harus ada jarak agar proses keluar dari mobil tidak terganggu akibat kesempitan dan tidak boleh juga terlalu lebar. Biasanya parkir maju serong ini ditemukan di parkiran pinggir jalan dan beberapa Mall juga ada.

Cara mundur saat mobil terparkir lurus maupun parkir serong :

Kalau mobil terparkir lurus maka yang menjadi patokan adalah kaca spion sudah keluar dan setelah itu mulailah memutar stir hingga keluar dan sudah lurus kedepan. Sedangkan kalau mobil terparkir serong biasanya ketika ingin keluar mobil harus mundur, maka yang harus dilakukan adalah memindahkan tuas kopling ke R dan angkat pedal kopling perlahan-lahan dengan pedal rem juga di mainkan. Apabila belakang mobil sudah keluar maka putar stir hingga habis dan mulai mundur untuk keluar dari parkiran, setelah keluar mulai balas stir dan jangan lupa pindahkan tuas kopling ke gigi-1, lalu angkat pedal kopling perlahan hingga mobil berjalan pelan, injak pedal gas hingga mesin mulai meraung dan setelah itu pindahkanlah tuas kopling ke gigi-2.

Sesi tanya-jawab

Cica :
Bang, cica belum bisalah melihat kiri-kanan tu dengan yakin, pasti masih ragu juga. Misalnya benda tidak bergerak di kiri kalau dilihat dari jauh kayaknya dekat dengan posisi mobil tapi setelah dekat ternyata posisinya masih jauh.
Bang Billy :
Solusinya adek lihat aja benda itu, kalau benda nya dikiri maka lihat ke kiri. Nggak usah terlalu fokus lihat ke depan terus, selang-seling aja lihat kiri-kanan, tapi jangan lama-lama yaa~

Dan juga, apabila ada motor di kiri sedang parkir dan dikanan ada mobil yang sedang berjalan dan merasa ragu mau masuk diantara itu, maka lebih baik mengalah dengan memelan kan mobil atau lebih baik lagi kalau kita berhenti saja.

Sekian pelajaran di hari ke duabelas - Rabu, 02 April 2014 bersama si Putih Xenia. Sampai Jumpa :))

0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.