Ragam Kuliner khas Riau

, , 28 comments
I live in Pekanbaru- Riau Province. Pekanbaru have many culiner and very taste. I want share to you about Pekanbaru culiner, cekidot :

1. Bolu Kemojo
Bolu Kemojo adalah bolu yang biasa nya menjadi makanan dalam acara arisan, rapat dan juga menjadi makanan ketika hari raya Idul Fitri. Seperti yang bisa dilihat, warna hijau yang berada di dalam yang menjadi warna dominan dari Bolu Kemojo dan warna hitam yang menjadi pinggiran dari Bolu Kemojo menjadi ciri khas makanan tersebut.

Bolu Kemojo sangat mudah di temukan kalau kamu tinggal dan berkunjung ke Pekanbaru, biasanya untuk mencari bolu ini bisa langsung ke toko-toko kue dan juga ada di supermarket, dan harga nya tidak mahal dengan rasa yang mewah. Dipastikan akan ketagihan, sepertinya.

2. Roti Jala

Makanan yang juga menjadi khas Melayu ini bisa dikombinasikan dengan kuah Kari Ayam ataupun dengan kuah gula merah campur durian (manis), saya sering sekali menemui Roti Jala di acara pernikahan orang melayu dan yang sering saya temukan, Roti Jala nya di tambahi dengan kuah gula merah campur durian. 
sumber : Internet
Dilihat dari bentuknya, roti ini unik. Seperti jaring-jaring yang dilipit-lipat dan tidak tebal, dan biasanya saya temui dengan warna kuning, rasanya enak dan bisa juga menjadi cemilan ketika tugas kampus meninggi untuk segera diselesaikan, menjadi teman sejati.

Setelah menceritakan makanan khas Riau, maka saatnya menceritakan minuman khas nya juga, apa rasa kalau hanya menceritakan makanan tanpa minum kan? mereka kan selalu bersama, nggak boleh dong se-enaknya memisahkan mereka hahha *naloh

3. Laksamana Mengamuk
sumber : Internet
Kekayaan cita rasa kuliner Melayu harus dan wajib untuk di coba kelezatan rasanya, minuman Laksamana Mengamuk salah satunya. Kalau boleh bertanya, kenapa nama minuman nya Laksamana Mengamuk ya? Hmm dalam artikel kali ini saya tidak akan menceritakan sejarah dari nama minuman ini hahhaha

Minuman ini biasa di hidangkan saat ada pertemuan, ketika buka puasa dan jamuan makan, komposisi minuman ini beberapa potongan mangga, santan secukupnya, Gula, daun pandan dan butiran es. Gimana udah bisa kebayang seger nya minuman ini kan? Iyup, cocok banget ketika matahari sedang terik, untuk mengantisipasi rasa haus yang menyerang.

Sebenarnya masih banyak lagi ragam kuliner Riau yang nggak kalah menarik dari yang diatas, karena kuliner Riau itu melimpah dan dengan keunikan tersendiri, mau tau lebih lanjut tentang apa aja sih kuliner Riau... Ayo berkunjung ke Riau, dan temukan makanan apa yang ingin kamu coba :)))

Selamat Berburu Kuliner di Kota Bertuah!

28 comments:

  1. Malem-malem jadi laper baca yang beginian, bolu kemojo ? Kue cubit kali ? Hahaha,
    kue jala Enak tuh.
    laksamana mengamuk ? Serem amat namanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bolu Kemojo keleees
      Yup, enak sekali
      kan cuma nama doang haha

      Delete
  2. aduuuh ngiler pengen ngerasain jadi pengen ke Riau

    ReplyDelete
  3. ah pagi-pagi bikin makin laper, salah buka postingan ini saya :))

    ReplyDelete
  4. Lontong Sayur ha ha,,,,, 3 bulan di Jakarta baru nemu 2 tempat lontong sayur, rasanya lebih manis kalo di Jawa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jakarta kan Jawa, Sumatra kali yang dimaksud mas wkwk

      Delete
    2. Maksudku emang Jakarta Ca... aku udah pindah ke Jakarta. Jadinya nggak pernah dateng ke Blogger Bertuah...

      Delete
    3. Hmm, pantes jarang liat di Rumah Blogger Riau mas...

      Delete
  5. apakah minuman laksamana mengamuk itu ada hubungannya sama lagu laksmana raja di laut? :D

    pengen... siapa ya yang mau ngundang aku ke nikahan riau? biar bisa makan makanan di atas?

    ReplyDelete
  6. aku pernah tu dengar tentang minuman Laksamana Mengamuk cuma nggak pernah liat aslinya baru kali ini liat gambarnya dan penjelasannya, aku pikir minuman keras hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bukan, sama aja kaya minuman cendol, es rumput laut dan kolding.. es es gitu teh

      Delete
  7. Waah,..boleh dong kirim ke Jakarta. ..
    Pingin rasain neh, kuliner Riau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaah mampir ke Riau mas, ntar dibantu carikan kulinernya

      Delete
  8. laksamana mengamuk?-_- taunya laksamana raja dilaaot-_- *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penasaran dengan minuman laksamana mengamuk? ayoo visit Riau 2014 dek ahha

      Delete
  9. diantara ketiganya, paling suka roti jala, kapan2 beliin dong cak, heheh

    ReplyDelete
  10. Sekilas penampilan Bolu Kemojonya mirip jenang ya.. kira-kira isi bolu itu apa Ca? kacang hijaukah atau roti aja tanpa isi? Ah jadi penasaran makan Bolu Kemojo :D

    ReplyDelete
  11. Roti aja tanpa isi mbak.. kita tukeran makanan khas daerah yok mbak, makanan yang tahan lama gitu :D

    ReplyDelete
  12. laksamana mengamuk, serem bener tuh namanya, kapan-kapan ane bikin minuman komandan bersenjata.

    ReplyDelete
  13. Laksmana mengamuk....wiiiisss, seger pol tuh kayaknya, apalagi lagi gerah gini..maknyess

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sruuup sedap mbak, cucok banget di cuaca panas :D

      Delete

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.