Kabut Asap Di Riau

, , 1 comment
Asap datang pasti ada sebabnya nya, nggak mungkin tidak mempunyai sebab. Riau sedang pesta Asap, dimana pun berada dan kemanapun pergi asap akan terus mengikuti, asap timbul akibat pembakaran lahan dan hutan secara illegal tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi akibat tingkah pelaku pembakaran.
Hampir dua bulan warga Riau menikmati Asap yang semakin hari semakin tebal, jarang pandang yang semakin dekat, banyak kegiatan yang lumpuh seperti aktivitas Airport, kegiatan sekolah dan kuliah diliburkan, ada beberapa kantor yang tidak beroperasi. Semua akibat Asap, asap yang tidak sehat dapat menimbulkan penyakit ISPA, iritasi pada mata dan penyakit ini sudah dirasakan, selain itu juga dapat menimbulkan penyakit yang paling parah yaitu asma, kanker tulang, kanker paru dan pertumbuhan otak anak-anak yang akan dirasakan beberapa tahun kedepan.
Keadaan yang sudah berstatus berbahaya, maka dihimbau kepada masyarakat Riau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Kalaupun terpaksa, diwajibkan memakai masker.

Pergilaaah Asap
MelawanAsap
Kampus Panam sedang ber-Asap
Lihat saja gambar saya, asap masih saja berada di sekililing. Padahal Satgas sudah berhasil memadamkan ratusan titik api di berbagai kabupaten atau kota di Riau. Namun, titik api baru selalu bermunculan di luar wilayah yang sudah dipadamkan. Nah, bagaimana mau selesai kalau begini ceritanya?
Pembakaran lahan dan hutan di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil dan Bukit Sembilan Bengkalis. Kabut asap pekat menyulitkan pemadaman lewat udara. Pemadaman darat juga disulitkan oleh medan dan sumber air yang sangat minim.

Arah angin yang dominan dari timur laut ke barat daya membawa asap, menyebabkan asap meluas, dan tidak turunnya hujan mengakibatkan semakin merambah nya lahan yang masih terdapat bara api, maka akan menyebar ke sekitarnya.

Semoga dengan kicauan yang baru saja pak SBY lemparkan dapat terlaksana dengan cepat, udah ngak tahan lagi dengan aroma Asap, udah sesak nafas, perih pada mata dan tenggorokan sakit. Mengharapkan kepada pemerintah bergerak cepat memusnahkan Asap di Riau, hilangkan titik Api hingga habis dan adili semua pelaku pembakaran yang tidak bertanggungjawab :3

1 comment:

  1. amin semoga saja ya mbak. tapi itu fotonya lagi berdiri gitu untung tidak ada temen di sebelahnya hehehe

    ReplyDelete

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.