Belajar Mengemudi - Parkir Mundur

, , 2 comments
Selamat Soreeeee, hei hei hei berjumpa lagi dengan saya dalam program Kemudi-Kemudi Kece (K3). Latihan hari ini menggunkan Mobil Brio berwarna Merah dan dimentori oleh Bang Billy.

Dek, latihan hari ini adalah parkir mundur ya... kita ke arah Dipo aja dek.
sumber : Internet

Ketika akan parkir mundur :

  1. Pundak sudah sejajar dengan lampu mobil yang terparkir,
  2. Putar stir  1 putaran kemudian majukan hingga belakang mobil sudah sampai di lampu mobil yang terparkir (jangan mepet)
  3. Kemudian putar stir hingga habis (disesuaikan) dan mulai pindahkan tuas kopling ke R, mundur pelan-pelan hingga mobil lurus. Setelah mobil lurus kembalikan arah stir kesemula dan mundur lagi sampai posisi kaca spion sejajar dengan kaca spion mobil yang disamping. 

Panduan lebih spesifik :

[parkir mundur di kiri] sejajarkan pundak ke lampu depan mobil yang terparkir, lalu putar stir satu putaran ke kanan, maju hingga belakang mobil sudah sampai di lampu mobil yang terparkir (jangan mepet)
Putar stir sampai habis ke kiri dan jangan lupa pindahkan tuas kopling ke R, angkat pedal kopling pelan-pelan maka mobil akan mundur. Setelah depan mobil sudah lurus ke depan, kembalikan putaran stir ke semula, lalu mundur lagi sampai posisi mobil sejajar dengan mobil yang disamping.

[parkir mundur di kanan] sejajarkan pundak ke lampu depan mobil yang terparkir, lalu putar stir satu putaran ke kiri, maju hingga belakang mobil sudah sampai di lampu mobil yang terparkir (jangan mepet)
Putar stir sampai habis ke kanan dan jangan lupa pindahkan tuas kopling ke R, angkat pedal kopling pelan-pelan maka mobil akan mundur. Setelah depan mobil sudah lurus ke depan, kembalikan putaran stir ke semula, lalu mundur lagi sampai kaca spion  mobil sejajar dengan kaca spion mobil yang disamping.

Catatan
  • Saat mundur yang diperhatikan itu adalah kaca spion, mau mundur di kanan maka lihat kaca spion kanan dan apabila mundur dikiri maka lihat kaca spion kiri.
  • Apabila putaran stir sudah habis dan ingin dikembalikan ke semula dan saat itu bingung apakah putaran yang dilakukan sudah kembali ke semula atau belum. Pahami dulu berapa putaran saat memutar stir penuh (biasanya 1½ putaran), cara ini sulit karena kita harus menghitung. Tetapi ada cara lain yaitu dengan melihat bolongan yang besar di stir, apabila bolongan stir itu sudah dua kali berada di atas maka posisi stir sudah kembali ke semula.

Keluar dari Parkiran:

Apabila ingin keluar dari posisi parkir, majukan mobil lurus ke depan, setelah pundak telah sejajar dengan lampu depan mobil di samping kanan, baru lah memutar stir (sesuaikan situasi). Setelah lurus kedepan kembalikan arah stir ke semula.

Pekanbaru, 26 Maret 2014


2 comments:

  1. oh cara parkir mundur kayak gitu ya mbak,terimakasih sudah share :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama, semoga bermanfaat :)

      Delete

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.