Belajar Mengemudi - Melihat Kondisi Jalan

, , 2 comments
Pelajaran hari ini dimulai pukul 09.00wib yang di mentorin oleh bang Agus, memulai dari jalan Kinibalu.
(Pekanbaru Ber-Asap, 15 Maret 2014)
Masih diingatkan lagi saat pengangkatan kopling jangan terlalu cepat, rasakan apabila mobil sudah jalan maka kopling sudah bisa dilepas dan mulai memainkan gas.

Yang harus diperhatikan dalam mengemudi part 2 :
  • Apabila sudah hampir mendekati ujung jalan (jauh sebelum ujung jalan), nyalakan lampu sein ke arah yang dituju. Tujuannya agar mobil didepan dan mobil di belakang tahu kalau kita ingin belok
  • Apabila berada di penurunan, jangan menekan pedal gas. Biarkan saja kopling yang bermain. Dan setelah posisi datar maka mainkan pedal gas.
  • Apabila ingin memindahkan tuas kopling, pedal gas jangan di angkat habis tetapi pedal gas harus digantung dan kemudian tekan kopling dalam dan pindahkanlah tuas kopling sesuai keinginan.
  • Apabila sudah mendekati ujung jalan, tekan kopling dalam dan apabila masih berjalan, mulailah tekan pedal rem secara perlahan hingga mobil berhenti sempurna.
  • Apabila lampu merah sudah didetik terakhir, kita hanya menekan kopling dalam dan pindahkan tuas kopling ke satu. Kopling masih ditekan, jangan dilepas. Apabila dilepas perlahan maka mobil akan berjalan dan apabila dilepas cepat maka mesin mobil akan mati mendadak.
  • Setelah lampu berubah menjadi hijau, angkat kopling secara perlahan dan putar stir ke arah yang dituju.
  • Apabila kita sudah berada di posisi benar, jangan sering-sering melihat kebelakang melalui kaca spion. Fokuskan penglihatan kedepan dan luruskan posisi mobil.
cicajoli
Sketsa
Apabila berada di pertigaan (lihat mobil 1), saat lampu telah berubah hijau, angkat pedal kopling perlahan sembari memutar stir hingga mobil berpindah ke jalur berikutnya (lihat mobil 2). 
NOTE : Apabila mau berpindah ke jalur berikutnya jangan posisikan mobil di jalan kiri. Karena jalur kiri adalah khusus bagi pengemudi yang bebas dari lampu merah (lihat Jalan bebas hambatan)

  • Setelah berada di posisi kiri, arahkan stir agar selalu lurus, jangan sampai keluar dari marka jalan, yang dapat mengganggu pengemudi lainnya. 
cicajoli
Sketsa
Kalau berada di jalan yang jalurnya TIGA, maka diharuskan posisi mobil di jalur tengah. Tujuannya agar pengemudi yang dibelakang dapat mendahului dari kanan maupun dari kiri.

Catatan :

  • Posisikan mobil dijalur yang benar, apabila posisi mobil sudah benar maka bunyi klakson dari mobil lain tidak akan terjadi.
  • Dalam mengemudi jangan MELAMUN, Fokuskan penglihatan kedepan.
  • Tekan pedal kopling dalam, stater mobil jangan ragu-ragu.


©Pekanbaru, 15 Maret 2014 @Cicajoli

2 comments:

  1. wuih sudah mulai di jalan ya mbak mudah mudahan lancar ya mbak

    ReplyDelete

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.