Belajar Mengemudi - Keliling-Keliling di Jalan

, , No Comments
Apabila pedal kopling telah digantung lama maka akan menimbulkan gerakan sendat-sendat, untuk menghilangkan gerakan sendat tersebut yang harus dilakukan adalah menekan pedal kopling dalam dan setelah itu angkat perlahan. Biasanya ini terjadi ketika mengendarai mobil di bundaran penuh, kalau pedal gas dimainkan akan sulit untuk mengontrol putaran stir, maka di anjurkan hanya memainkan pedal kopling, tapi itu dia, kalau lama-lama menggantung pedal kopling tanpa memainkan pedal gas maka akan timbul gerakan sendat-sendat. 
Persiapan sebelum belajar mengemudi :
  1. Atur posisi duduk hingga nyaman,
  2. Gunakan sabuk pengaman,
  3. Turunkan rem tangan,
  4. Tekan pedal kopling dalam dan masukkan tuas kopling ke-satu,
Putar stir ke kanan sampai masuk ke jalan (tadi masih dipinggir) dan angkat perlahan pedal kopling, setelah masuk ke badan jalan dan posisi depan mobil sudah lurus, lalu balikkan kembali arah stir hingga lurus dan selanjutnya mainkan pedal gas.
Apabila sudah berada di jalan yang benar, angkat perlahan pedal gas kemudian tekan kopling dalam dan pindahkan tuas kopling ke-dua. Setelah berpindah ke-dua angkat pedal kopling perlahan hingga mobil bergetar dan mulai berjalan, setelah itu bebaskan pedal kopling dan mulailah memainkan pedal gas.

Apabila berada di jalur tengah, dan ingin berpindah ke jalur kiri tapi saat itu tidak memungkinkan untuk langsung berpindah ke jalur kiri maka gunakan teori berpindah secara perlahan-lahan.
Nyalakan lampu sein kiri, lihat kondisi belakang apakah sudah aman atau belum, kalau sudah aman mulailah putar stir ke kiri secara perlahan hingga berada di jalur kiri. Saat pemindahan jalur jangan menekan pedal gas, lepaskan saja pedal gas. Yang dimainkan hanyalah pedal kopling, setelah posisi berada dikiri dan depan mobil sudah lurus maka mulailah memainkan pedal gas.
belajar mengemudi
Sketsa
Penjelasan Gambar: Apabila berada di dua jalur dan di depan ada simpang empat, pada saat mobil masih berada dikiri (masih jauh dari lampu merah) maka mulailah memindahkan posisi mobil ke tengah, karena apabila posisi mobil ditengah menandakan bahwa mobil ingin lurus, tetapi kalau posisi mobil di jalur kanan maka mobil ingin ke kanan dan apabila posisi mobil dijalur kiri maka mobil ingin ke kiri (jalan terus dengan hati-hati)

Dan setelah melewati persimpangan, pindahkan mobil ke jalur kiri dengan memutar stir secara perlahan. Jangan lupa melihat situasi di belakang, kalau masih ada mobil maka tetaplah di posisi awal, tetapi kalau situasi dibelakang sudah aman maka putarlah stir ke arah kiri secara perlahan-lahan hingga depan mobil masuk ke jalur kiri, setelah itu luruskan depan mobil dan saatnya memainkan pedal gas. Dalam posisi mobil sudah dikiri, pengemudi dapat memindahkan tuas kopling ke posisi 2, yang semula hanya di tuas 1.

sumber: Internet
Penjelasan Gambar: Setelah melihat gambar diatas, maka yang akan terbayang adalah Kaki, karena yang akan menggerakkan pedal-pedal diatas adalah Kaki. Kaki manusia ada 2 buah, yang kanan dan yang kiri. Dalam mengemudi ada aturan yang harus di ikuti yaitu Kaki Kiri berada sejajar dengan pedal Kopling, dan kaki kanan berada sejajar di pedal Rem, dan apabila ingin memainkan gas yang dilakukan hanyalah memindahkan kaki kanan ke pedal gas. (konsepnya: hanya memindah-mindahkan dari pedal rem ke pedal gas) Jadi kalau mau menekan rem maka pindahkan lagi kaki kanan ke pedal rem (MASIH KAKI KANAN)

Cara Mematikan Mesin Mobil :

  1. Pinggirkan mobil kekiri, sebelumnya tekan kopling dalam dan putar stir kekiri dengan perlahan, angkat pedal kopling secara perlahan hingga posisi mobil aman, dan setelah aman tekan kembali pedal kopling dalam dan dibantu dengan menekan pedal rem hingga berhenti.
  2. Setelah berhenti sempurna, NETRAL kan tuas kopling, dan pedal kopling sudah bisa di lepas.
  3. Angkat rem tangan
  4. Matikan Mobil
  5. Lepaskan sabuk pengaman
  6. Keluar dari Mobil
Latihan pada hari ini (Pekanbaru Saat Asap mulai musnah, 16 Maret 2014) mentorku bilang aku sudah mulai lancar. Tetapi yang harus di ingat lagi saat menekan pedal-pedal yang ada di bawah, rasakan saja saat menekan, jangan terlalu dalam dan jangan juga terlalu pelan. Dan saat pindah-pindah pedal nggak perlu dilihat ke bawah, ingat saja pedal kopling berada dikiri, pedal rem berada di tengah dan pedal gas berada di kanan. Gitu Aja untuk hari ini~~



©Pekanbaru, 16 Maret 2014 @Cicajoli

0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.