Belajar Mengemudi - Berjalan Mundur

, , No Comments
Saat ingin mundur, kepala tidak harus keluar. Bisa dilihat melalui kaca spion saja bagaimana keadaan di belakang, gambar di bawah ini terlalu berlebihan.
Kepala tidak harus keluar
Kaki jangan digantung saat mengangkat pedal kopling, tumit harus tetap berada di bawah. Jangan ikut terangkat.
Apabila mobil ingin mundur, maka pindahkan tuas kopling ke R. Setelah itu angkat pedal kopling perlahan-lahan, lihat kondisi di belakang apakah sudah aman untuk masuk. Mengangkat pedal kopling di imbangi dengan menekan pedal rem.

Setelah mobil masuk ke jalan, pindah kan tuas kopling ke gigi-1. Angkat pedal kopling perlahan dan luruskan depan mobil. Setelah dirasa lurus maka bantu dengan menekan pedal gas.

Ketika ingin menepi sesuai dengan marka jalan, yang harus dilihat adalah apakah marka jalan itu sudah terlihat dari tengah mobil. Apabila posisi marka jalan sudah berada di tengah-tengah mobil maka posisi mobil sudah benar berhenti di kiri.

Apabila ingin parkir dibelakang mobil, maka sejajarkan dulu gagang pintu belakang mobil dengan buntut mobil yang didepan, setelah itu barulah putar stir ke kanan.

Ketika ingin masuk ke gang secara mundur, kalau posisi sedang dikiri maka yang dilihat adalah spion kiri. Sejajarkan gagang pintu belakang dengan ujung gang tersebut, setelah sejajar putarlah stir sampai habis, angkat pedal kopling pelan-pelan. Apabila sudah bisa melihat batas di sebelah kanan, lalu perhatikan apakah bisa masuk atau tidak. Kalau belum bisa masuk, maka majukan mobil kedepan dan apabila bisa masuk maka angkat pedal kopling pelan-pelan.

Catatan : mainkan pedal kopling, kalau sudah melaju maka tekan dalam, lalu angkat lagi.

(posisi mobil dikiri) Apabila posisi mobil melebar kekanan maka putar stir ke kiri, angkat pedal kopling hingga posisi mobil lurus, dan apabila terjadi posisi mobil mengecil kekiri maka putar stir ke kanan dengan mengangkat pedal kopling pelan-pelan.

Beranikan untuk menaikkan tuas kopling ke gigi- 3 , 4 dan 5. Bukan berarti kalau sudah di gigi yang tinggi laju mobil juga harus cepat atau harus menekan gas lebih dalam, intinya apabila mobil mulai berhenti maka pindahkan tuas kopling ke gigi-1 dan apabila mobil hanya memelan maka pindahkan tuas kopling ke gigi-2.

Saat ingin masuk ke jalan, gunakan cara merayap perlahan-lahan. Lihat kondisi apakah sudah aman atau belum.
Di ingatkan posisi mobil harus di tempat yang benar/ sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Dan kenyamanan dalam mengemudi sangat di harapkan, berhati-hati lah.

Ini sudah latihan kesembilan, latihan kedelapan hanya mengulang teori yang telah diberikan dan memantapkan saat di tanjakan.

Pekanbaru, 25 Maret 2014. 


0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.