Belajar Mengemudi - Berjalan di Jalan Raya

, , No Comments
Ditengah asap yang makin pekat dan sangat tebal, menurut saya. jarak pandang yang hanya beberapa meter, yang di depan hanyalah putih dan putih. Belajar hari ini adalah mengemudi dijalan raya, jalan raya adalah jalanan yang selalu ramai.
*mulai materi*
Yang harus diperhatikan dalam mengemudi :
  • Ketika ingin membelokkan mobil, sang pengemudi harus menekan kopling dalam hingga posisi mobil tepat di batas ujung jalan (lihat situasi kiri dan kanan). Setelah berada di ujung jalan, putar stir sampai depan mobil sempurna (tidak melebar ke kanan) , angkat kopling perlahan hingga mobil berjalan. Apabila masih melebar, putar stir lagi sampai depan mobil lurus.
  • Setelah mobil dalam keadaan lurus, kopling mulai di lepas dan bantu dengan gas. Atur posisi mobil jangan sampai terlalu ke pinggir (lihat spion kiri apakah mobil masih terlalu kepinggir)
  • Ketika memutar stir satu putaran, untuk mengembalikan nya kesemula jangan ditahan. Biarkan stir memutar sendiri dan bantu stir apabila dirasa gerakannya terlalu lambat. Memegang stir jangan terlalu kaku, biasakan mengikuti gerakan stir yang dapat berbalik sendiri.
  • Apabila saat belok satu putaran yang telah diputar mobil belum sesuai dengan jalan dan malah melebar, maka tambah lagi putarannya hingga depan mobil berada di posisi yang benar.
  • Ketika mau berbelok ke kiri, posisikan mobil pas berada di ujung jalan (atau kaca spion kiri sudah terlihat keluar dari jalan) dalam keadaan ini posisi mobil sudah serong ke arah kiri, jangan hanya lurus kedepan. Sebaliknya,
  • Ketika mau berbelok ke kanan, posisikan mobil pas berada di ujung jalan (atau kaca spion kanan sudah terlihat keluar dari jalan) dalam keadaan ini posisi mobil sudah serong ke arah kanan, jangan hanya lurus kedepan.
  • Ketika ingin memindahkan tuas kopling ke-2, maka angkat perlahan gas (jangan sampai dilepas). Setelah itu tekan kopling dalam dan pindahkan tuas kopling ke-2. [ Apabila gas telah terlepas dan laju mobil sudah memelan, jangan lakukan pemindahan kopling. Karena apabila dilakukan mesin mobil akan mati ].
  • Setelah kopling berpindah ke-2, kopling jangan langsung DILEPAS. Angkat perlahan kopling sampai ada getaran dan tunggu 3 detik, setelah itu kopling bisa dilepas dan mulai mainkan gas.
  • Apabila belokan nya menurun, membelokkan jangan hanya dengan menekan kopling dalam tetapi harus dibantu dengan rem. Karena saat pembelokkan menurun, kopling yang sudah ditekan kedalam malah akan menimbulkan laju yang cepat karena penurunan.
  • Ketika kopling sedang ditekan kedalam, jangan melakukan penekanan rem secara kuat, perlahan-lahan saja hingga mobil melaju dengan pelan. Apabila rem ditekan terlalu kuat maka akan terjadi rem mendadak.
  • Jangan melepas kopling sebelum ada getaran yang timbul setelah tuas kopling di naikkan/diturunkan karena mesin mobil akan mati mendadak.
  • Jangan tekan kopling bersamaan dengan penekanan gas, karena ini dapat membuat mesin mobil mati mendadak.
  • Penekan pedal rem dan pedal gas jangan terlalu keras, karena akan menimbulkan gerakan mendadak. Sesuaikan dengan kelajuan mobil.
  • Di lampu merah, jauh sebelum berhenti sudah menekan kopling dalam dan apabila belum berhenti maka bantu dengan menekan pedal rem perlahan-lahan hingga mobil berhenti. Tuas kopling pindahkan ke NETRAL dan kopling sudah bisa dilepas. Bebaskan kaki dari semua pedal!
  • Ketika lampu sudah berubah hijau, tekan kopling dalam dan pindahkan tuas kopling ke-1 kemudian angkat pedal kopling perlahan hingga getaran timbul dan lepaskan, lalu mainkan pedal gas. Jangan lupa arahkan stir menurut arah jalan (tetap dengan melihat kaca spion).
  • Jangan lupa saat mengarahkan mobil, lampu sein juga dinyalakan.
Apabila ada 3 jalur dan sekarang posisi mobil sedang ditengah dan saat itu ingin berbelok kekiri dan ternyata dibelakang ada mobil yang berada di jalur kiri, yang harus dilakukan adalah menyalakan lampu sein kiri, pelan kan kelajuan mobil dengan menekan pedal kopling sembari melihat kaca spion, putar stir kekiri sampai berpindah ke jalur kiri, arahkan depan mobil hingga diposisi lurus. Lepaskan kopling dan bantu dengan menekan pedal gas.

Koreksi : 
  1. Pembalikan stir jangan terlalu kaku, lepaskan saja biarkan dia berbalik sendiri dan bantu putar apabila belum lurus. (arah jam 9 dan 3)
  2. Pelepasan pedal kopling jangan terlalu cepat, perlahan saja hingga menimbulkan getaran dan mobil mulai berjalan.
  3. Jangan angkat pedal kopling dengan cepat dan melakukan penekan pedal gas secara bersamaan, karena mesin mobil akan mati mendadak.
(Pekanbaru Ber-Asap, 14 Maret 2014)

0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.