·

Event Kampus - Seminar dan Workshop Jurnalistik

Event Kota – Setiap kota ataupun daerah pasti selalu akan mengadakan event-event yang menarik,  diadakan mingguan, bulanan dan tahunan. Baik itu di event kampus, ...

Pada Kamis, 20 februari 2014 gedung rektorat lt IV Universitas Riau dipenuhi mahasiswa/mahasiswi dari beberapa Universitas yang ada di Pekanbaru seperti Universitas Islam Riau dan Politeknik Caltex Riau (PCR). Dalam Seminar dan Workshop yang mengangkat tema Jurnalistik dan Fotografi Alam Liar Capturing Sumatra Through The Lens and Pens. Seminar dan Workshop ini dimulai dari pukul 08.00 sampai pukul 13.30.

“Anak muda bukan agen Perubahan tetapi Produsen Perubahan” menurut Cea, Social media Mongabay Indonesia. Seminar dan Workshop dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok jurnalistik dan kelompok Fotografi, saya sendiri masuk ke dalam kelompok Jurnalistik dan sebagai pemateri adalah Bapak Fahrurrozi, bagian editor Tribun Pekanbaru (salah satu koran yang ada di kota Pekanbaru)

Seminar dan Workshop ini ditaja oleh LPM Bahana Mahasiswa bekerja sama dengan Mongabay Indonesia. Mongabay Indonesia adalah situs berita lingkungan Indonesia yang lahir pada April 2012. Selain mengadakan Seminar dan Workshop, Mongabay Indonesia juga mengadakan kompetisi jurnalistik dan fotografi yang akan diadakan pada 01 maret 2014 dan berakhir pada tanggal 31 maret 2014. Para peserta yang menhadiri Seminar dan Workshop ini sudah dipastikan menjadi peserta dalam kompetisi tersebut.
Pekanbaru adalah kota ke tiga yang didatangi oleh Mongabay Indonesia, kota lain di sumatra adalah Palembang, Jambi, Padang (Sumatra Barat), dan Medan (Sumatra Utara).

Dalam kelompok jurnalistik kami diberi materi tentang 9 elemen penting dasar jurnalistik yaitu :
1.      Kebenaran
2.      Warga
3.      Disiplin dalam verifikasi
4.      Menjaga independensi terhadap sumber berita
5.      Memantau kekuasaan dan menyambung lidah tertindas
6.      Forum publik untuk kritik maupun dukungan warga
7.      Menarik dan relevan
8.      Jadikan berita komprehensif dan proposional
9.      Jurnalis punya tanggung jawab pada hati nurani

Kemudian tentang sikap wartawan yaitu : Netral, Ramh, Arif dan Hindari Ketegangan. Sebagai wartawan juga harus mengetahui tentang pelaksaan wawancara yaitu :
1.      Tepat waktu
2.      Berpenampilan rapi
3.      Perkenalan sebelum memulai wawancara/ interview
4.      Jangan mengajukan pertanyaan yang memojokkan narasumber (introgratif)
5.      Perlu catatan, dan jangan mengandalkan recorder
6.      Ajukan pertanyaan ringkas
7.      Hindari jawaban Ya dan Tidak

Peserta Seminar dan Workshop

Pemateri Bpk Fahrurrozi

Aula Rektorat lt IV UR

Fasilitas untuk Peserta
Banyak mendapat ilmu hari ini, dan semoga lebih baik lagi dalam penulisan berita :))

0 Comments