Sumpah Pemuda dan Perempuan Penulis

, , 1 comment
Sumpah Pemuda yang lahir pada tanggal 28 Oktober 1928, perjuangan membentuk Sumpah Pemuda yang dipelopori langsung oleh para pemuda Indonesia demi memperjuangkan, mengaku serta menjunjung tinggi NKRI. Dewasa ini mungkin para pemuda/i kita sudah tidak ada yang hafal dengan isi Sumpah Pemuda, untuk me-refresh otak kita kembali, disini penulis akan membagi apa saja sih isi dari Sumpah Pemuda tersebut :


Isi Sumpah Pemuda :

   1. Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah yang Satu. 
Tanah Indonesia
2. Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa yang Satu. 
Bangsa Indonesia
3. Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahas Persatuan. 
Bahasa Indonesia

Bisa dilihat dari isi dari Sumpah Pemuda, yang pertama bertumpah darah yang satu. tanah air Indonesia. Negara Indonesia adalah negara bekas jajahan dari Belanda dan Jepang. Negara yang di perbudak oleh bangsa lain di negeri sendiri, sangat miris mungkin ketika kita lahir di zaman penjajahan dahulu. Segala pendapat, kecerdasan dan kesempatan untuk berkreatifitas sangat langka untuk didapatkan. Hanya sebagian kecil saja para pemuda kita yang bisa mendapatkannya, sebagian kecil tersebut yang diharapkan bisa mengajak pemuda yang lain untuk dapat menikmati apa yang telah mereka dapatkan selama menuntut ilmu. Sebagian kecil ini dengan terpaksa meninggalkan tanah air sementara waktu demi mencari ilmu yang bermanfaat. Dengan semangat dan kekompakkan para pemuda dalam memperjuangkan tanah air, maka pemuda yang masih berada di tanah air dan pemuda yang sedang berada di luar tanah air bersama-sama mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia.

Para pemuda tersebut yakin dengan bangsa mereka, mereka yakin bisa memerdekakan bangsa Indonesia. bangsa yang kaya akan sumber daya alam yang harus direbut kembali dari para penjajah. Bangsa Indonesia yang memiliki banyak pulau harus diselamatkan dan diperjuangkan. Para pemuda berusaha membantu pemerintahan Indonesia untuk merebut pemerintahan ini dari para penjajah. Dan masih kita ingat Ir. Soekarno pernah berkata:" Berikan aku 10 pemuda, akan aku guncangkan Dunia." Presiden pertama RI ini sangat membakar semangat para pemuda bangsa, mereka ikut andil untuk mengguncangkan dunia. Mengambil kembali tahta kejayaan bangsa, memerdekakan bangsa dan mensejahterakan bangsa. Dengan perjuangan para pemuda bangsa Indonesia maka hari demi hari bangsa Indonesia mulai mengalami perubahan, perubahan yang baik untuk mencapai pemerintahan yang berdaulat.

Dan isi sumpah pemuda poin ke-3 adalah Menjunjung Bahas Persatuan, Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan, walaupun di zaman penjajahan para masyarakat ada yang menggunakan bahasa Belanda atau bahasa Jepang dalam berkomunikasi. tapi tetaaap setelah lahirnya Sumpah Pemuda bahasa yang disah kan adalah bahasa Indonesia. Karena kita berasal dari berbagai suku bangsa dan berbeda daerah tapi setiap mereka wajib bisa berbahasa Indonesia walaupun hanya sedikit.

Perempuan Penulis bisa dikategorikan ke dalam perempuan pembangun peradaban karena dengan perempuan yang luar biasa selalu sibuk memperbaiki diri sehingga membawanya menjadi perempuan yang mandiri. mengenai tentang memperbaiki diri, banyak cara yang dapat dilakukan agar dapat dinikmati sebagai sajian karya sastra. Seperti contoh seorang penulis parempuan yang senang mengeksplorasikan bakat serta pengalaman menariknya dalam sebuah tulisan yang bisa dinikmati oleh diri pribadi dan orang lain.
Sosok perempuan yang sangat berjasa dalam kehidupan, baru bisa dirasakan setelah ada emansipasi wanita, dahulu ketika kebudayaan Hindu, kaum perempuan yang sudah bersuami, hak hidupnya berakhir dengan kematian suaminya. Saat suaminya jenazah suaminya dibakar maka dibakar jugalah sang istri, Bangsa Arab tidak merasa senang bila yang lahir adalah bayi perempuan, karena mereka memandang perempuan sebagai pembawa malapetaka, dan Bangsa Yahudi, anak perempuan lebih rendah dari laki-laki dan bahkan martabatnya disamakan dengan budak. lihat bagaimana posisi perempuan saat di era kebudayaan Hindu, bagi Bangsa Arab dan Bangsa Yunani. Perempuan sangat sulit untuk berkreasi dan mengeluarkan aspirasi mereka, mereka ditindas dan kesetaraan gender tidak ada saat itu, taaapi sekarang secara perlahan semua itu sudah tidak berlaku lagi. Perempuan dizaman sekarang sudah lebih memiliki hak mereka, hak-hak mereka sudah mulai diperjuangkan oleh mereka sendiri. Kesenjangan pada perempuan sudah mulai hilang, tapi belum sempurna karena bisa dilihat dari para TKI yang masih ada disiksa oleh majikan mereka secara kejam. Kasus ini harus ditindak secara serius oleh pemerintah Indonesia.

Sumpah Pemuda? kenapa tidak Sumpah Pemudi? Dilihat dari kacamata agama Islam bahwa pemuda/laki-laki lah yang seharusnya menjadi pemimpin, baik pemimpin di keluarga, peperangan atau di dalam suatu organisasi yang membutuhkan posisi pemimpin. Tapi tidak menutup kemungkinan kalau perempuan juga bisa menjadi pemimpin, misalnya ketika sang suami tidak berada dirumah maka istrilah yang menjadi pemimpin untuk anak-anaknya, dan perempuan juga bisa memimpin di suatu organisasi yang anggotanya semua perempuan.

Dalam hal ber-organisasi, perempuan- perempuan dituntut untuk memberika sesuatu kreatifitas yang dapat bermanfaat bagi anggota organisasi mereka, dapat dibagi dengan anggota mereka dan itu adalah suatu ilmu bagi anggota mereka. maka salah satu kerjaan organisasi adalah membuat suatu tulisan, tulisan apa saja. Bisa berupa fiksi, non fiksi, cerita lucu, artikel sejarah, essay dll. Tulisan-tulisan yang ingin mereka tulis bisa dituangkan dalam sebuah buku, note, share ke Facebook, nge-post ke Blogger dan alat-alat lainnya.
Dan peranan perempuan dalam dunia tulis menulis sangat besar, sebab di Dunia ini populasi perempuan dominan banyak ketimbang populasi laki-laki dan terkadang laki-laki kalau soal tulis menulis sangat sikit peminatnya. Dan seorang perempuan dalam soal manajemen waktu mereka lebih unggul, karena mereka yang telah berkeluarga harus bisa mengatur antara dunia tulisan dengan dunia keluarga nya.
karena HR Muslim bersabda :"Sebaik-baiknya perhiasan adalah perempuan shaleha (HR Muslim)"

Dan perempuan penulis bisa eksis mengembangkan tulisannya di kanca Nasional maupun Internasional. Dengan jiwa semangat muda, tulisan-tulisan perempuan penulis yang orisinal dan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar bukan menggunakan bahasa Ibu akan mempermudah calon pembaca untuk menerima maksud dari tulisan tersebut.

Perempuan penulis yang bercerita tentang perempuan merupakan perwakilan dari banyak suara dari kaum perempuan lain, seakan mereka ikut berteriak mendukung adanya cerita tentang Perempuan. Perempuan penulis adalah seseorang yang dapat memecah kebisuan dan melahirkan suatu pengetahuan bagi perempuan lain. Perempuan penulis bercerita tentang kisah-kisah tentang perempuan yang sangat banyak untuk bisa dikembangkan menjadi suatu pengetahuan dan dapat direnungkan sebagai suatu pengalaman. Serta tulisan mereka bisa memotivasi perempuan yang membaca terinspirasi dan seolah memiliki kekuatan baru untuk tidak takut bersuara dan bagi laki-laki pembaca akan berfikir kembali tentang apa yang mereka anggap sebagai suatu "yang salah", ini bagaikan magnet untuk menuju suatu kesadaran yang membawa mereka pada kesetaraan dan keadilan. Jadi terbuktilah arti Perempuan tersebut yang terbentuk dari kata EMPU berarti jempol, hebat, sakti mandraguna, mantap ;)

Pada akhirnya, butir-butir Sumpah Pemuda yang mengatakan Perempuan sebagai pemudi jelas. Perempuan bisa mengandalkan isi poin ke-3 yang berbunyi "Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahas Persatuan. Bahasa Indonesia." Bahasa Indonesia untuk mengembangkan tulisan yang akan banyak fungsi dan manfaatnya di dunia tulis-menulis.

Sekian Terimakasih kepada para sponsor GA #6 :

1 comment:

  1. Sepakat dengan kalimat "Perempuan yang membaca terinspirasi dan seolah memiliki kekuatan baru untuk tidak takut bersuara dan bagi laki-laki pembaca akan berfikir kembali tentang apa yang mereka anggap sebagai suatu "yang salah". Itulah bukti saktinya sebuah tulisan, membuka cakrawala lebih luas lagi. Semoga Berhasil :)

    ReplyDelete

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.