Bahasa Ibu/Daerah

, , No Comments
Indonesia memiliki 700 bahasa daerah di 34 provinsi seperti bahasa sunda, bahasa batak, bahasa jawa, bahasa minang dsb.
bahasa daerah berfungsi untuk mengikat dan mempererat suatu etnis daerah yang satu dengan daerah lainnya, sebagai alat komunikasi serta untuk pendorong kemajuan suatu daerah.
Bahasa ibu/daerah adalah bahasa pertama kali kita ketahui, bahasa yang biasa digunakan dalam Rumah Tangga. Sangat berdosa apabila kita melupakan bahasa ibu, karena bahasa ibulah yang berperan penting dalam kehidupan kita. kita harus mempelajari serta melestarikan kebudayaan dan bahasa daerah. itu adalah sebuah tanggung jawab kita sebagai anak yang berbakti kepada orang tua dan daerah dimana orangtua kita berasal. Tapi.. tidak dapat ditolak dengan adanya bahasa Nasional dan bahasa Internasional. saya kupas tentang bahasa nasional : bahasa Nasional adalah bahasa yan dianut oleh bangsa Indonesia yaitu bahasa Indonesia, bahasa Indonesia lahir berbarengan dengan lahirnya sumpah pemuda. salah satu isi dari sumpah pemuda adalah kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan. Bahasa Indonesia.
sedangkan bahasa Internasional adalah bahasa yang digunakan untuk dunia Internasional yaitu bahasa Inggris. bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. 
sebagai generasi bangsa yang cerdas, diharapkan seorang anak dapat menguasai ketiga bahasa tersebut. dengan catatan :

0. tidak melupakan bahasa ibu/daerah. di anjurkan untuk melestarikan dan menjaga bahasa ibu
0. bahasa Nasional tidak dicampur dengan bahasa ibu
0. bahasa daerah tidak boleh punah..karena bahasa daerah adalah sejarah umat manusia.

0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.