Nilai Kesetaraan dan Kesabaran

, , No Comments
Merasa iri dengan apa yang dimiliki orang lain, rasa ingin memiliki pun muncul pada diri seseorang. Rasa tak bisa disalahkan, karena rasa masih termasuk kelompok Nafsu. Nafsu yang berarti kekuatan emosional yang berkaitan dengan pemikiran atau fantasi tentang keinginan seseorang. Dalam bahasa arab, 
  • Hawa (الهوى): Sangat cinta; kehendak
  • Nafsu (النفس): Roh; nyawa; jiwa; tubuh; diri seseorang; kehendak; niat; selera; usaha
Iri dengan apa yang dimiliki seseorang sedangkan ia belum memilikinya, sebagai contoh alat Teknologi. Teknologi yang berkembang dengan cepat membuat seseorang gila akan kecanggihan yang ditawarkan merk-merk besar. Ia yang tidak bisa mengontrol hawa nafsu akan terpancing untuk membeli alat-alat canggih.

Ketika zaman Blackberry beredar, ia ingin mempunyai secepatnya. Tetapi karena keuangan tidak memadai maka ia mencoba mengontrol nafsu agar "rasa memiliki" itu tidak menghantui dirinya. Seiring berjalan nya waktu, rasa itu mulai melemah. Ia udah mulai menerima Blackberry tidak dapat tapi masih ada alat teknologi lain walaupun tidak secanggih Blackberry. 
Dan ketika zaman Android muncul, rasa "ingin memiliki" itu hadir kembali menghantui dirinya. Ia berkeinginan agar alat itu bisa ia genggam secepatnya. Tapi karena tanda-tanda akan dapat tidak kunjung muncul maka rasa "ingin memiliki" mulai ia netralisir kembali untuk kedua kalinya. Karena ini udah kali kedua, maka untuk melemah kan rasa "ingin memiliki" tidak sesulit dengan rasa yang pertama. Walaupun akhirnya ia dapat memiliki tapi tidak secepat yang ia inginkan.



Ketika SD kelas 1-4, jajan cuma 500 perak dan kalau kesekolah jalan kaki. ( Belum punya HP )
Ketika SD kelas 5-6, jajan udah naik menjadi 2ribu dan kesekolah udah diantar. ( Belum punya HP )
Ketika SMP kelas 1-3, jajan naik menjadi 3ribu dan kesekolah jalan kaki. Karena jarak dari rumah ke Sekolah dekat. ( HP Nokia Senter )
Ketika SMA kelas 1-3, jajan menjadi 5ribu, kesekolah udah menggunakan motor, sudah punya SIM dan STNK, dan HP sudah ada Camera
Ketika Kuliah, Android sudah punya dan laptop juga sudah di sediakan.

"Semua butuh proses, dalam hidup tidak ada yang langsung. Mau ini langsung datang, mau itu langsung ada. Bersabar dan yakinlah bahwa Allah tau yang terbaik untuk kamu dan jangan menghendaki apa yang kamu inginkan secara berlebihan. Itu tidak baik bagi jiwa setiap individu."
"Hidup bagaikan roda yang berputar, terkadang kita bisa berada di atas dan terkadang kita juga bisa berada di bawah. Tergantung kita menyikapinya bagaimana, bagaimana menerima dan mensyukuri apa pun nikmat yang masih Allah berikan untuk kita."

Bacalah :
وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ حَتَّىٰ نَعْلَمَ الْمُجَاهِدِينَ مِنكُمْ وَالصَّابِرِينَ

“Dan sesungguhnya, Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu…” (QS. Muhammad: 31)

YAKIN LAH KAMU PASTI BISA MELALUINYA, DAN AKAN MENDAPATKAN NYA SUATU HARI NANTI

0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.