Kota Jalur, Teluk Kuantan

, , 2 comments
Riau memiliki 12 kabupaten dan kota. Kuantan Singingi adalah salah satu kabupaten dengan ibukota Teluk Kuantan. Taluk adalah nama yang populer dikalangan masyarakat setempat, Menuju ke tempat ini tidak membutuhkan waktu yang lama, lebih kurang 4jam perjalanan dari kota Pekanbaru. Ini Rute dari Pekanbaru ke Teluk Kuantan yang berhasil saya simpulkan :
  • Dari kota Pekanbaru ke Lipat Kain 1 jam perjalanan
  • Lipat Kain ke Koto Baru 2 jam perjalanan
  • Koto Baru ke Logas 1/2 jam perjalanan
  • Logas ke Teluk Kuantan kota 1 jam perjalanan
Alhamdulillah saya dapat kesempatan unuk bertamu ke daerah Teluk Kuantan beberapa minggu lalu tepatnya pada tanggal 28 April 2013 dalam rangka menghadiri undangan pesta teman kakak saya di daerah Gunung Toar. Jadi dari pukul 09:00 AM kami berangkat dari Pekanbaru menuju Teluk Kuantan. Perjalanan menuju kesana tidak rusak, banyak rute yang jalan nya lurus. seperti gambar ini :

Kondisi Jalan
Foto ini saya ambil ketika berada di daerah menuju Lipan Kain, jalan nya lurus dan saat itu mobil tidak terlalu rame. Perjalanan ini kami menggunakan jasa travel yang supir nya itu adalah saudara kak Elya, jadi sang supir tau betul rute perjalanan menuju Teluk Kuantan. Kami juga melalui kelok sembilan versi Teluk Kuantan, Awalnya saya gak percaya dengan omongan sang supir tapi setelah masuk ke daerah tersebut sang supir berkata:" Nah mulai berhitung!." Saya berhitung dalam hati sampai sang supir berkata:" Nah udah selesai." Daaaaaan, saya akhirnya percaya, memang benar kalo jalan itu memiliki kelok Sembilan. hahaha :D
Tidak jauh dari situ ada sungai yang panjang dan saya bertanya pada sang supir:" Bang, itu sungai apa?" sang supir menjawab:" Sungai Taluk, tapi orang sini sering bilang Taluk aja."
Perjalanan masih lanjut teruss sampai akhirnya masuk ke gapura yang bertuliskan "ANDA MEMASUKI KOTA TELUK KUANTAN" Yippie!!! Mobil masih berjalan masuk mengikuti jalur hingga sampai ke Tugu Carano, Tugu Carano merupakan kebanggaan masyarakat kabupaten Kuantan Singingi yang berada di simpang empat area sport center yang terlihat kokoh dan berkelas dan berdekatan dengan Majid Agung Kuantan Singingi...

Bagian Depan Masjid Agung Kuantan
Singingi

Arsip Pribadi
Sampai Masjid Agung Kuantan Singingi lebih kurang pukul 12:10 PM, dan waktu shalat Zhuhur telah masuk beberapa menit yang lalu. Jadi kami sempatkan shalat disini untuk menjama' shalat zhuhur dan ashar. Sebelum masuk ke masjid Agung ini saya nyempatin narsis sebentar hehehe.. dilihat dari mata kepala saya sendiri, pengunjung yang datang ke Masjid ini kebanyakan pendatang yang sedang berlibur. Anyway, di dalam masjid nya besarr dan luas dan tempat wudhu nya juga bersih dan wangi.. Nyaman Poool deh :D

Perjalanan dilanjutkan sampai ketemu gambar ini :



Selamat Datang Kota Jalur


Gambar di bawah ini lokasi venue PON pacu jalur Teluk Kuantan :


Venue PON (Pacu Jalur)

Venue PON 2012

Kondisi Cuaca

Venue PON
Liburan kali ini hanya sampai Venue PON saja, sebenarnya ada planning mau ke Air Terjun 7 tingkat batang koban di lubuk Ambacang salah satu tempat wisata yang di miliki kabupaten Teluk Kuantan tetapi karena jauh dari gunung toar dan harus nyebrang jadi rencana itu tidak terlaksana.
tempat wisata lainnya yaitu Arena Pacu Jalur, tempat ini juga tidak di datangi karena hari telah sore dan sore itu harus balik lagi ke Pekanbaru. Saya mendapatkan fakta bahwa :" 
  • Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat bukan menggunakan bahasa indonesia melainkan bahasa Minangkabau karena sebagian masyarakat nya perantau dari orang-orang Minangkabau." Sumber Wikipedia Kabupaten Kuantan Singingi. Karena saat berada di Gunung toar, para tamu yang datang ke pesta menggunakan bahasa yang berbeda ( bukan bahasa Indonesia). Makanya saya mencari tau mengenai bahasa yang mereka gunakan.
  • Tidak ada kuliner yang khas di Teluk Kuantan, makanan serta jajanan nya sama saja dengan makanan umum lainnya. Sumber: Kak cika warga asli Taluk
    Finally..Dari Teluk Kuantan pukul 05:00PM menuju Pekanbaru ^ ^

Sekian perjalanan saya menuju Teluk Kuantan, semoga bisa masuk ke list tempat wisata yang wajib kamu kunjungi. Bye ;)

2 comments:

  1. Ceritanya bagus.
    Boleh informasinya pake travel apa yah dari Pekanbaru ke Teluk Kuantan?
    Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya nggak tahu nih, soalnya pake kendaraan pribadi kesananya :D

      Delete

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.