DO ( Delivery Order )

, , No Comments

Pekanbaru, berada di ruang keluarga diterangi dengan cahaya lampu dan dibisingkan dengan suara-suara yang bersumber dari nyalaan TV. Cica Aisyah mulai beraksi.. Cekidot!

→ Terdengar ada suara dari luar…
“ Pos…!
“Iya.. (Gue langsung lari keluar)
*Percakapan*

Note:  MPS = Mas Pengantar Surat

MPS:” Benar ini rumah No. 75?
Gue  :” Iya benar
MPS :”Dengan Siti Nur Aisyah (Tertera nama disurat)
Gue  :” Iya saya sendiri
( MPS memberi surat tanda bukti untuk di ttd )
MPS :”Semalam saya sudah kesini.
Gue  :” Oh jam berapa mas?
MPS :”Sekitar jam segini jugalah (read:  10.45AM)
*Tiba-tiba nenek keluar*
Nenek:” Jangan diterima kalau bukan untuk kita.
MPS  :” Benar kok ibu ini yang punya.
Gue   :”  Ibu? Gue masih gadis mas.
MPS  :” Oh masih gadis *cengar-cengir*

Ngomel dalam hati :” Dih,- enak banget lo ngatain gue ibu, gak lihat muka masih baby face gini..Dasar!

MPS:” Terimakasih *lalu kabur*
Kesimpulan:” Apabila hari ini pemilik surat lagi tidak berada dirumah (read: Rumah sedang kosong) Si pengantar surat akan balik lagi kerumah tersebut keesokan harinya.
Didapat :” Seorang pengatar surat memiliki Sifat tanggung jawab.
***


Muka ni abg sebenarnya udah familiar gue lihat, karena 4 hari yang lalu dia juga datang kesini untuk ngantarin surat. Tapi nama yang  tertera disurat bukan nama kami, padahal alamat dan no rumahnya tepat.

*Mulai menganalisa*
Menurut pemikiran saya:” Pekerjaan pengantar surat ini dapat dikategorikan sebagai pekerjaan yang sulit. Mengapa? Karena pengantaran surat harus tepat dengan alamat dan nama yang tertera di surat tersebut.

*Kejadian 4 hari yang lalu*
Note: MPS= Mas Pengantar Surat ( Dengan mas yang sama dengan hari ini )
Pos…!
Iya.. ( Gue cek keluar )
MPS:” Benar ini rumah No. 75?
Gue  :” Iya benar
MPS:” Dengan PT. blablabla ( Gue Lupa )
Gue  :” Bukan
MPS:” Emang 75 ada yang lain?
Gue  :” Ada, yang di Gg…. ( Lama karena mikir duluk )
MPS:” Gg itu yaa ( nyebutin Gg ) yang ke kanan itu?
Gue  :” Iyaa
MPS:” Saya udah kesana, tapi bukan mereka.
Gue :” Oh, gatau juga ya mas. Disini juga bukan
MPS:” Oyadeh, makasih *kabur*

Dan gue mulai beranggapan kalau :
  • Pengantar Surat diberi daerah kekuasaan masing-masing, karena mas yang ngantar surat ke rumah gue dengan wajah dan motor yang sama J
  • Pengantar surat bertugas sebagai penghubung antara si pengirim surat dengan si penerima surat, karena beberapa hari yang lalu gue ngirim surat ke Malang dan sekarang datang balasan dari surat yang gue kirim.
  • Sipengantar surat rata-rata mengetahui lokasi rumah tujuan dan mengenal sipenerima surat apabila sang punya rumah/si penerima surat sering mendapat kiriman surat.

Beberapa pekerjaan yang Master dalam mengetahui/ mengenal lokasi rumah versi gue:

1    Pengantar surat ( Pos,JNE etc )

Pengantar surat tugasnya menyampaikan surat ke alamat tujuan, tetapi pekerjaan ini ada tak enak nya yaitu apabila panas kepanasan, hujan kehujanan. Itulah konsekuensi sebagai seorang pengantar surat.

2.       Penagih biaya TV kabel bulanan ( Smartmedia )

Penagih biaya TV kabel bulanan ini tugasnya hanya sekali sebulan saja karena judulnya ada embel-embel bulanan J Pekerjaan ini tak enak nya apabila hari penagihan itu sedang panas ya kepanasan, apabila sedang hujan ya kehujanan dan apabila rumah yang dituju orang nya tidak berada dirumah, otomatis harus kesini lagi besok ( kerja 2 kali dong )

3.       Perbaikan PLN

Petugas perbaikan PLN ini biasanya tidak rutin datang kerumah, kedatangan nya apabila listrik dirumah mengalami gangguan barulah mereka dihubungi. Pekerjaan ini Pagi, siang, sore, petang, malam,tengah malam, dini hari dan shubuh harus selalu stand by. Tetapi tidak stand by terus dengan orang yang sama karena pake shift kok.

4.       Perbaikan Telpon

Petugas Perbaikan Telpon ini hanya sesekali datang kerumah, dia datang apabila di calling dari pusat baru dia datang dengan membawa alat-alat yang dibutuhkan. Pekerjaan ini tak enak nya yaitu apabila kerusakan terjadi ditiang, otomatis dia harus manjat sendiri dan menjaga keseimbangan sendiri apabila sedang berada di atas tangga. Kemana-mana selalu membawa tangga dan tangga digunakan tergantung  dengan kerusakan yang dialami.

5.       Gangguan Speedy

Petugas Gangguan Speedy ini akan datang kerumah apabila telah di calling, dia datang juga tergantung keluhan. Apabila keluhan bisa diselesaikan dengan petunjuk saja, mereka akan membantu memperbaiki dengan petunjuk yang akan diberikan ke kita dan kita hanya mempraktekkan nya. Kalau pun harus kerumah pekerjaan ini biasanya dilakukan didalam rumah karena modem Speedy letaknya di dalam rumah, berdekatan dengan laptop. J

6.       Perbaikan Kulkas

Malas menjelaskan, karena sama saja. Bedanya cuma di tugas, kalau ini jatahnya ya di kulkas. Semua kerusak kulkas pasti dia bisa nanganin sendiri.

7.       Pengantar tagihan kartu prabayar ( Telkomsel, Indosat )

Pengantar tagihan kartu prabayar tugasnya mengantarkan surat tagihan ke alamat yang dituju, dia tidak perlu ketemu dengan sipemilik karena biasanya dia hanya menyelipkan surat dipagar, meletakkan surat di depan pintu dan bisa juga hanya mencampakkan nya. Yang jelas alamat nya tepat semua akan baik-baik saja.

8.       Petugas  Pengantar credit card dari Bank

Petugas  Pengantar credit card dari Bank ini memiliki tugas sama dengan Pengantar surat, bedanya Cuma petugas ini lebih spesifik. Dia hanya mengantarkan credit card dari Bank tertentu saja, bukan dari yang lain. Lain halnya dengan pengantar surat yang mengantarkan barang yang beragam. Pekerjaan ini tak enak nya yaitu apabila yang dituju sedang tidak berada dirumah dan apabila yang dituju sudah pindah rumah. Nah, sang petugas harus bertanggung jawab mengantarkan sampai ke tangan yang dituju.

Pertanyaan yang belum bisa saya jawab dari seorang pengantar surat:

→ Apabila tidak cocok nama tetapi alamat tepat, kemudian apa yang harus dilakukan?
Apakah mencari lagi alamat yang sama? Misalnya sudah dicari alamat yang sama tetapi rumah tersebut juga tidak memiliki nama yang tertera di surat. Lalu bagaimana? Apakah di pulangkan lagi ke si pengirim? – Bantu gue menjawabnya, benar-benar tidak mengerti- L

O Okesip Selamat Malam O







0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.