·

Bisnis di Usia Muda

Ahai, selamat sore....

Kali ini bakalan share mengenai para pengusaha muda yang dimiliki oleh Indonesia. kisah ini terinspirasi dari nonton KickAndy semalam, 22 maret 2013 pukul 09:30PM. Cerita yang pertama datang dari kakak yang bernama TH Deka Putri, diusia yang 25 tahun kak putri udah menjadi pengusaha, kak putri sebagai pungusaha Kopi Luwak Lanang. Awal dari itu semua tidak diawali dengan mudah. banyak tantangan dan kesulitan yang kak putri alami, pertama membuat kopi luwak, kak putri menjajalkan jualan hanya ke warung-warung yang ada disekitaran rumah nya tanpa ada merek waktu itu tapi, sekarang kak putri udah dikatakan relatif sukses karena udah bisa meng-ekspor produk nya ke luar negeri. Modal yang digunakan untuk membangun bisnis nya menggunakan uang celengan yang udah ditabung kak putri dari dia duduk dibangku TK.

Saya mendapat tips sukses berbisnis ala kak putri:
  1. Harus ada mental bisnis
  2. Pndai-pandai cari peluang
  3. Gunakan subsidi silang, dan
  4. Belajar dari pengalaman
Dan kak putri juga berbagi prinsip hidup, yaitu: Kita tidak bisa mengalahkan angin, tapi kita bisa mengarahkan layar.Intinya selagi kita bisa mengatur dan mengambil kesempatan yang ada kita bisa sukses nantinya.

Inspirasi kedua adalah bang Nicholas Kurniawan, bang nicho ini berusia 20tahun di tanggal 29 januari 2013 yang lalu. Bang nicho ini pengusaha Ikan Hias, bang nicho terlahir dari keluarga ayah pekerja sebagai penjaga toko dan ibu sebagai penjual kue tapi bersekolah di sekolah eliet dari dia dibangku SD sampai Kuliah.Dan mental berbisnis bang nicho ini udah dimulai dari beliau kelas 1sd, tanpa ada rasa malu dan gengsi bang nicho berjualan mainan disekolahnya, dia menegosiasi dengan penjual mainan supaya dia membantu menjualkan barang mainan toko tersebut dan sebagai bayaran nya bang nicho di berikan satu mainan. 

Banyak bisnis yang telah diambil bang nicho dan akhirnya dia menemukan jodohnya sebagai pengusaha ikan hias, awal bisnis ini bang nicho tidak memiliki toko tapi dia hanya menjualkan jualan orang via jejaring internet yaitu Kaskus.com. dalam 1jam udah banyak orang yang menanyakan tentang jualan yang telah ditayangkan nya di Kaskus.com dan lambat-laun bang nicho sudah bisa membeli toko untuk ikan hias nya dan juga telah bisa meng-ekspor ikan hias nya diseluruh negara kecuali Antartika hehe. 

Telah banyak kegagalan yang dialami bang nicho selama membangun bisnis sampai-sampai bang nicho pernah tinggal kelas tetapi kekosongan selama setahun itu bang nicho isi dengan mencari penghasilan. Waktu itu bang nicho ingin mengumpulkan uang 100juta. uang ini digunakan untuk kuliah di Prasetya Mulia, yang diketahui Universitas ini sangat mahal dan isinya kebanyakan anak-anak elite, tapi karena kerja keras yang luar biasa bang nicho bisa mengumpulkan uang 10juta/bulan dan setahun bisa mencapai 100juta.. Istimewaa!!! woow

Prinsip bang Nicho: Ibarat anak bayi, ketika mau berjalan pasti mengalami jatuh tapi masih tetap tidak meyerah buat terus berdiri sampai akhirnya bayi tersebut dapat berdiri dengan baik.
Kata SULIT, kata itu yang membuat adrenalin meningkat, kenapa? karena terdengar sulit pasti pesaing sedikit dan peluang keberhasilan pun besar^^

Inspirasi ketiga diduduki oleh Hamzah Izzulhaq, hamzah yang sekarang berusia 19tahun ini pengusaha Bimbingan Belajar dan telah memiliki 58 karyawan dan telah memiliki 3 cabang di 3 daerah. dari SD hamzah telah berbisnis, mulai dari berjualan Kue dan Pulsa. Ketika jualan kue, hamzah menjual jajanan nya dikelas, disaat jam pelajaran hamzah menjualkan jajanan. dan sempat dia di tegur sama guru dan dilarang buat jualan di kelas lagi. banyak bisnis yang gagal hamzah lalui sampai dia mengikuti seminar komunitas. dalam seminar ini hamzah ditawarkan oleh seseorang untuk membeli suatu bimbel dan dikasih proposal dan hamzah pelajari. dengan keberanian, hamzah mengambil tawaran yang telah ditawarkan untuk nya. tetapi karena tidak memiliki uang untuk membei bimbel itu, yang seharga 175juta. 

Saat itu hamzah hanya memiliki uang 5juta di bank dan saat itu ayah nya juga mau membeli mobil dan memiliki uang 70juta untuk DP mobil. Hamzah meminjam uang 70juta itu dari sang ayah. dia meyakinkan sang ayah :" Kita punya mobil tapi bayar cicilan jalan terus, tapi kalau kita beli bimbel. kita bisa punya mobil dan cicilan nya bisa dibayar dengan modal dari bimbel." dengan perkataan sang anak, ayah nya menyetujui keinginan sang anak. karena masih kurang 100juta, hamzah bernegoisasi dengan owner bimbel. 
Hamzah: Saya bayar dulu dengan 75juta, nanti modal yang didapat saya cicil kekurangan nya.

Dan saat itu sang owner bimbel meyetujui dan akhirnya bimbel itu balik nama dan diawal tahun 2012 ini kekurangan nya telah terlunaskan dan pinjaman uang dari sang ayah dibayar dengan membelikan sang ayah sebuah mobil....

Prinsip hamzah: " Ingin berhasil kita harus berbeda || Berani menantang arus || :D



Hooray! Sekian catatan saya mengenai pengusaha muda yang dimiliki Indonesia, terimakasih dan selalu kunjungi blog saya.. jangan sungkan-sungkan untuk mengisi Komentar juga... byebye :*


6 Comments

  1. luar biasa kesimpulan yang dituang dalam tulisan ini. Semoga dapat menjadi pemacu untuk teman-teman. dan saya pun sangat perlu untuk belajar belajar dan belajar dari teman-teman lain.
    Suses selalu,
    Good coffee..Good think.
    (Kopi yang baik akan membantu untuk berpikir yang baik)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Amin.
      Okew, mari belajar!
      Sukses... :))
      Motto yang Super

      Delete
  2. Ini memang benar kak theresia putri yang pernah di kick andy itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok. betul.
      yuk kita belajar sama2. semangat yaaa

      Delete
  3. Sangat memotivasi sekali... saya udah 23 thun blum bisa apa2,, tpo insyaAllah sekarang udah memulai usaha, mudah2an 2015 bisa beli rumah amiin hehehe, mkasih ulasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..Mangaaaaat ya bang Rudi, Semoga terwujud! Okew sama-sama

      Delete

Hayy.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya ttg postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.